Banjir di Kawasan Pancoran, Anies: Adhi Karya Harus Tanggung Jawab Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kolong Fly over Pancoran (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta kontraktor pembangunan kereta Lintas Rel Terpadu (LRT), Adhi Karya untuk bertanggung jawab membereskan persoalan banjir di kawasan Pancoran lantaran saluran air di Flyover Pancoran. Banjir itu sendiri disebabkan saluran yang tertutup pilar LRT.

Pasalnya, banjir di kawasan tersebut bukan kali ini saja. Tahun 2018 lalu juga kawasan Flyover Pancoran dan sepanjang Jalan MT Haryono saluran airnya terdampar proyek LRT.

"Saya berikan peringatan keras kepada mereka bahwa pihak Adhi Karya harus bertanggung jawab," kata Anies saat tinjau kawasan Flyover Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Anies pun mengingatkan kepada kontraktor pembangunan untuk menyiapkan pompa permanen di kawasan proyek LRT. Hal itu dilakukan jika terjadi curah hujan tinggi dan menyebabkan banjir pompa permanen itu bekerja untuk mengaliri air ke sungai.

"Sekarang pompanyan permanen Setiap volume hujan tinggi tempat itu tidak tegenang lagi. Jadi saya bilang harus ditambah lagi supaya tidak boleh ada lagi genangan di tempat-tempat konstruksi di tepi jalan sevital ini," tuturnya.

Pilar yang sumbat saluran air di fly over Pancoran (MP/Asropih)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini akan terus memantau pembangunan proyek LRT itu. Kemudian meminta Adhi Karya untuk lebih cepat dalam mengatasi persoalan ini.

Ia juga berharap kepada Adhi Karya untuk memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan atau AMDAL dari proyek LRT ini.

"Ini semua ada di AMDAl ketika menyusun AMDAL itu ada kewajiban untuk mereka menyiapkan semua instrumen mencegah banjir lalu yang kedua di sini saluran air kita itu tertutup oleh lumpur-lumpur akibat proses penggalian," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH