Banjir dan Longsor Jaksel Renggut Korban Jiwa

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 11 Oktober 2020
Banjir dan Longsor Jaksel Renggut Korban Jiwa
Wagub DKI Jakarta Riza Patria saat meninjau lokasi banjir dan longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan. (Foto: Antara/Istimewa)

MerahPutih.com - Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta pada Sabtu (10/10) sore hingga malam hari membuat kawasan Jalan Damai, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan banjir hingga longsor.

Data sementara dampak dari peristiwa tersebut, satu orang meninggal dunia. Sementara itu, dua orang lainnya luka-luka. Namun, belum diketahui identitas ketiga korban tersebut.

"Korban ada 3, dua orang berumur 50 tahun dan 48 tahun luka-luka, satu orang berumur kurang lebih 45 tahun meninggal dunia," kata perwira piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakarah dan Penyelamatan (Sudin PKP) Jakarta Selatan Sukoco dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (11/10).

Baca Juga:

Dinas SDA Beli 65 Pompa Apung Senilai Rp6,5 Miliar Tangani Banjir

Dua orang yang luka-luka yang merupakan perempuan telah dilarikan ke Rumah Sakit Sibroh, Jalan Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan untuk mendapatkan perawatan.

"Korban meninggal berjenis kelamin perempuan meninggal dunia di RS Marinir," ucapnya.

Selain itu, Sukoco menyebut akibat hujan deras yang cukup lama di wilayah tersebut mengakibatkan debit air meninggi dengan ketinggian kurang lebih 120 centimeter.

"Jumlah bangunan di lokasi kurang lebih ada 300 rumah (yang terendam banjir). Untuk jumlah orang yang dievakuasi kurang lebih 100 orang," jelasnya.

Hingga malam tadi, lanjut Sukoco, pihaknya masih berada di lokasi kejadian untuk mengevakuasi warga yang masih terdampak banjir tersebut.

"Personel masih bertahan d TKP melakukan evakuasi," ucapnya.

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, hujan akan mengguyur wilayah DKI Jakarta pada Minggu (11/10) siang. Cuaca di seluruh wilayah DKI diperkirakan cuaca cerah berawan sejak pagi.

Pada siang hari, tiga wilayah yakni Jakarta Barat, Selatan dan Timur diprediksi diguyur hujan ringan, sementara di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan tetap mengalami cuaca cerah berawan.

Memasuki malam hari, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan diprediksi mengalami hujan ringan, sementara di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dam Kepulauan Seribu berawan.

Petugas Damkar Jakarta Selatan membantu evakuasi warga Jalan Damai, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, terdampak banjir dan longsor, Sabtu malam (10/10
Petugas Damkar Jakarta Selatan membantu evakuasi warga Jalan Damai, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, terdampak banjir dan longsor, Sabtu malam (10/10

Selepas itu, pada Senin (12/10) dini hari, cuaca di seluruh wilayah Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu diprediksi akan bercuaca cerah berawan.

Secara keseluruhan, pada hari Minggu ini, rentang suhu udara Jakarta berkisar 24-33 derajat Celsius, dengan wilayah yang mendapat suhu terendah adalah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sementara, wilayah yang diprediksi akan mengalami suhu udara tertinggi berada di Jakarta Barat.

Adapun kelembapan udara akan berkisar sekitar 70 hingga 100 persen dengan kelembapan terendah terjadi di Jakarta Barat. Sementara kelembapan tertinggi akan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Sementara itu di wilayah Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi akan mengalami cuaca yang beragam.

Untuk wilayah Tangerang, cuaca diprediksi akan cerah berawan pada Minggu pagi yang kemudian akan berganti menjadi berawan hingga Senin (12/10) dini hari. Rentang suhu udara di Tangerang akan berkisar antara 23-33 derajat Celcius dan kelembapan udara berkisar antara 55-95 persen.

Di wilayah Bekasi, cerah berawan akan berlangsung pada pagi hari yang disambung dengan hujan ringan pada siang hari dan kemudian berlanjut dengan cuaca berawan yang berlanjut hingga Senin (12/10) dini hari.

Baca Juga:

DPRD: Anies Harus Siapkan Tempat Pengungsian Banjir Lebih Banyak

Rentang suhu udara di Bekasi akan berkisar antara 23-33 derajat celcius dan kelembapan udara berkisar antara 55-95 persen.

Pada siang hari di Depok akan diguyur hujan dengan intensitas ringan akan berlanjut hingga malam hari dan pada Senin (5/10) dini hari akan berawan. Rentang suhu udara di Depok akan berkisar antara 23-33 derajat Celcius dan kelembapan udara berkisar antara 55-95 persen.

Sementara di Kota Bogor, setelah cuaca berawan di Minggu pagi, hujan dengan petir akan turun pada siang hari dan berlanjut dengan hujan ringan pada malam hari, sementara pada Senin (12/10) dini hari akan bercuaca berawan.

Rentang suhu udara di Bogor akan berkisar antara 21-32 derajat Celcius dan kelembapan udara berkisar antara 60-95 persen. (Knu)

Baca Juga:

Azas Tigor: Pansus Banjir DPRD DKI Nggak Jelas dan Habisi Anggaran

#Banjir Jakarta #Longsor
Bagikan
Bagikan