Banjir Bikin 18 Ribu Warga Aceh Utara Mengungsi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 07 Desember 2020
Banjir Bikin 18 Ribu Warga Aceh Utara Mengungsi
Banjir di Aceh Utara. (Foto: BNPB).

MerahPutih.com - Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, menyebabkan sekitar 18.000 warga harus mengungsi. Banjir ini mengepung 87 desa di 23 kecamatan Kabupaten Aceh Utara sejak Jumat (4/12) lalu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi menegaskan, banjir akibat curah hujan intensitas tinggi selama dua hari lalu menyebabkan air sungai (krueng) Keureuto dan Krueng Peuto yang melintas sejumlah kecamatan meluap.

Baca Juga:

Wagub DKI: Program Pengendalian Banjir Berjalan Baik

Selain meredam ribuan rumah, jebolnya Bendungan Krueng Pase bakal mengakibatkan 3.000 hektare sawah terancam gagal panen.

Data kerugian materiil lainya, sementara mencatat rumah rusak berat 1 unit dan 1 rusak sedang di Julok. Jembatan rusak berat teridentfikasi di Peudawa 2 unit, Peureulak 1, Idi Tunong 1 dan Peureulak Barat 1.

Di samping kerusakan infrasturktur jembatan, peristiwa ini menyebabkan jalan putus di 2 titik di wilayah Idi Tunong.

Dari Data Badan Penanggulangan Bencana, tercatat satu orang meminggal dunia akiba peristiwa yang dimulai sejak Rabu lalu (2/12) dan masih berlangsung hingga hari ini, Senin(7/12).

Banjir di Aceh Utara. (Foto: Antara).
Banjir di Aceh Utara. (Foto: Antara).

Prakiraan dini cuaca BMKG, Senin (7/12, hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang masih akan melanda Aceh.

Masyarakat Aceh Timur diimbau untuk waspada terhadap bahaya hidrometeorologi dan mempersiapkan diri apabila harus melakukan evakuasi, khususnya di masa pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Saat ini, Tim Badan Penangulangan Bencana Aceh dan tim TRC BPBD Aceh Utara melakukan evakuasi korban ke tempat yang lebih aman.

"BPBA telah mengirim juga dua unit boat polyethilen dan mesinnya untuk membackup evakuasi korban yang terjebak banjir," kata Kepala BPBD Aceh Utara Amir Hamzah dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

34 RT di Jakarta Terendam Banjir Akibat Hujan dan Luapan Kali Ciliwung

#Bencana Alam #Bencana Nasional #Banjir
Bagikan
Bagikan