Banjir Bekasi, TNI-Polri Kerahkan Helikopter Evakuasi Warga

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 22 Februari 2021
Banjir Bekasi, TNI-Polri Kerahkan Helikopter Evakuasi Warga
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Mabes Polri dan TNI menyiapkan bantuan untuk proses pendistribusian bantuan seperti pangan, sandang dan pakaian untuk para korban banjir akibat jebolnya tanggul sungai Citarum, Kabupaten Bekasi.

“Ada bantuan dari helikopter dari Mabes Polri dan TNI untuk bantu langsung,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dihubungi wartawan, Senin (22/2).

Baca Juga

Intip Langkah Darurat dan Jangka Panjang Menteri PUPR Tangani Banjir Bekasi

Yusri menyebutkan pengerahan helikopter untuk pendistribusian bantuan ini dilakukan karena akses untuk masuk ke empat desa yang terendam banjir hingga lebih dari dua meter ini terputus.

“Karena agak susah masuk ke TKP-nya. keempat desa ini sangat sulit karena air cukup tinggi. (Akses) putus semuanya ke TKP tidak bisa,” ucapnya.

Disamping itu, lanjut Yusri, pihaknya juga telah membuat dapur umum untuk membantu warga. Dapur umum ini bisa membuat ratusan porsi makanan sekali masak untuk membantu warga.

“Sekarang ini kita akan siapkan dapur lapangan yang bisa memuat sekali masak hingga 500 porsi,” kata Yusri.

Warga melintasi banjir di perumahan Pondok Hijau Permai, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (7/2/2021). Menurut warga, banjir setinggi 20 cm hingga 1 meter tersebut terjadi akibat curah hujan tinggi. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Warga melintasi banjir di perumahan Pondok Hijau Permai, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (7/2/2021). Menurut warga, banjir setinggi 20 cm hingga 1 meter tersebut terjadi akibat curah hujan tinggi. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww

Dia menerangkan saat ini pihaknya bersama TNI terus berupaya melakukan evakuasi warga yang saat ini masih berada di dalam rumah untuk dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi.

“Sekarang sedang proses evakuasi. Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya mengecek langsung. Air diperkirakan 1-2 meter ini kami masih di TKP semua,” terangnya.

Sekedar informasi, Kerusakan infrastruktur berupa tanggul jebol memicu banjir beberapa desa di wilayah Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Banjir terpantau pada Minggu (21/2), pukul 01.00 WIB. Sejumlah desa terdampak banjir yang terjadi dini hari tadi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyebutkan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan dari BPBD setempat banjir melanda empat desa. Yaitu Desa Sukaurip, Karangsegar, Bantasari dan Sumber Urip.

Keempat desa berada di Kecamatan Pebayuran. Banjir mengakibatkan lima unit rumah hanyut. Petugas BPBD Kabupaten Bekasi melaporkan tinggi muka air antara 100 hingga 250 cm. (Knu)

Baca Juga

TNI-Polri Turun Langsung Evakuasi Lansia Korban Banjir

#Mabes Polri #TNI #Banjir
Bagikan
Bagikan