Banjir 1,2 Meter Rendam Kebon Pala Jakarta Timur

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 14 November 2022
Banjir 1,2 Meter Rendam Kebon Pala Jakarta Timur
Warga beraktivitas dalam kondisi banjir di RW 04 Kebon Pala, Jakarta, Senin (14/11/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi Warga

MerahPutih.com - Banjir setinggi 1,2 meter akibat luapan Kali Ciliwung merendam permukiman warga di RW 04 dan 05 Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Ketua RT 13/RW 04, Sanusi mengatakan banjir di permukimannya itu akibat debit air kiriman dari wilayah Bogor dan Depok.

Baca Juga:

Waspada Banjir Jakarta, Status Pintu Air Pasar Ikan Naik Siaga 2

"Dari sekitar jam 16.00 WIB kemarin (13/11) itu, saya dapat informasi dari BPBD kalau air naik. Mulai banjir semalam pukul 22.00 WIB," kata Sanusi.

Sanusi menambahkan bahwa kebanyakan warga masih memilih bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing. Mereka beralasan sudah terbiasa terkena dampak banjir seperti itu.

Ia mengatakan warga hanya memindahkan sepeda motor mereka ke jalan lingkungan yang lebih tinggi dan perabot ke lantai dua rumah agar tidak rusak terendam banjir Kali Ciliwung.

"Sampai dini hari tadi air masih terus naik. Tapi belum ada warga yang dievakuasi atau mengungsi, masih aman," ujar Sanusi.

Sanusi mengatakan, saat ini Petugas BPBD, PPSU, dan Satpol PP masih melakukan pemantauan di lokasi untuk mengantisipasi bila debit air semakin tinggi dan warga membutuhkan bantuan evakuasi.

Sanusi mengatakan, apabila kondisi banjir semakin tinggi warga Kebon Pala akan mengungsi di SDN Kampung Melayu 01 yang berada tidak jauh dari permukiman RW 04 dan RW 05.

"Kalau banjir naik terus kita akan evakuasi warga," kata Sanusi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa sejumlah kota besar di Indonesia akan diguyur hujan dengan berbagai intensitas pada Senin.

BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada pagi hingga sore hari. (Asp)

Baca Juga:

Banjir Bandang Kembali Landa Trenggalek

#Banjir #Bencana Alam
Bagikan
Bagikan