Kesehatan Mental

Bangun Pagi Jauhkan Stres karena Kelamaan #DiRumahAja

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 27 April 2020
Bangun Pagi Jauhkan Stres karena Kelamaan #DiRumahAja
Bangunlah lebih pagi untuk menghindari stres. (foto: pixabay/voltamax)

ANJURAN #DiRumahAja sudah berlangsung lebih dari sebulan. Banyak yang benar-benar menghabiskan waktu di rumah dan menghindari aktivitas luar rumah, khususnya ke tempat umum dan keramaian. Berdiam di rumah saja bukannya tak menimbulkan masalah. Ada yang mengaku mulai stres. Sebagian lagi dihinggapi kecemasan terjangkit COVID-19 meski telah diam #DiRumahAja.

Stres yang dirasakan bisa saja tak terlalu parah. Meskipun demikian, tak jarang stres mengganggu kualitas tidur sehingga membuat kamu lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan tidak sehat. Jika hal itu dibiarkan, risiko terkena berbagai macam penyakit pun meningkat.

Untuk mengatasi stres, pakar kesehatan menyarankan untuk mengambil waktu istirahat, rajin berolahraga di alam terbuka, dan menyempatkan waktu untuk berlibur.

Namun, jika cara itu masih susah dilakukan, ada cara lebih mudah untuk mengatasi stres. Bangunlah sebelum matahari terbit.

Pakatr kesehatan menyebut rutin bangun di pagi hari sebelum matahari terbit memberi kamu waktu untuk menikmati keheningan dan belum disibukkan berbagai macam hal. Di waktu itulah kamu bisa menemukan keheningan dan ketenangan yang bisa kamu maksimalkan untuk melakukan ibadah, meditasi, dan memikirkan hal-hal yang positif. Dengan melakukan hal itu, berbagai kesibukan harian atau kejenuhan akan terasa menjadi lebih ringan.

Dalam sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan pada 2012 dan dipublikasikan dalam jurnal berjudul Emotion, disebutkan bahwa mereka yang bangun lebih pagi cenderung memiliki emosi yang jauh lebih positif dan lebih bahagia jika dibandingkan dengan mereka yang kerap bangun kesiangan. Tak hanya itu, mereka yang bangun pagi juga akan cenderung memiliki fisik yang lebih sehat.

Dengan banyaknya manfaat bangun pagi, ada baiknya kamu mulai memperbaiki pola tidur. Aturlah alarm kamu lebih awal. Cobalah untuk bangun sebelum matahari terbit dan pikiran pun akan menjadi jauh lebih tenang.(*)

#Bangun Pagi ##DiRumahAja #Stres #Stress #Manajemen Stres
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan