Bangun 2 JPO, Pemprov DKI Habiskan Dana 11 Miliar Proses perobohan JPO Bundaran HI. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membangun pondasi di dua lokasi pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang memakai fasilitas lift.

Dua lokasi tersebut dibangun di Jalan Soemarno, Jakarta Timur, tepat sejajar dengan kantor Wali Kota Jakarta Timur atau depan Kejaksaan Tinggi dan JPO Jelambar, Jakarta Barat

"(Progresnya) sudah dipondasi, dan pekerjaan gelagar," ujar Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Imam Adi Nugroho saat dihubungi wartawan, Kamis (6/9).

Berbeda dengan jembatan penyeberangan lainnya, dua JPO ini diperuntukan khusus untuk penyandang disabilitas yang dilengkap dengan kamera pengawas atau CCTV. "Jadi pembangunan JPO ini kita upayakan itu lengkap fasilitasnya. kita sudah direncanakan akan mengakomodir penyandang disabilitas, wanita hamil, orang tua, kita akan pasang lift. kedua kita akan pasang cctv," tutur Imam.

anies selfie
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan swafoto di lokasi perobohan JPO Bundaran HI. Foto: ANTARA

Imam menjelakan, lift yang disediakan memiliki kapasitas maksimal 500 kilogram (Kg) dan khusus digunakan untuk penyandang disabilitas, lansia dan wanita hamil.

"Kalau masih sehat kita suruh naik tangga," jelasnya.

Dari segi arsitekturnya, kedua JPO setinggi 5 meter dengan panjang 40,8 meter untuk JPO Soemarno dan 28 meter untuk JPO Jelambar. Menurut Imam, konstruksi yang digunakan berupa beton dan atap didesain khusus dengan mengedepankan nilai artistik.

Lebih lanjut, Imam mengaku, untuk membangun dua JPO ramah penyandang disabilitas ini Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana mencapai 11,7 miliar.

"Mulai Juni (pembangunan JPO lift), (dan) rencananya selesai Desember. Progres hampir 11%," tutupnya (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH