Bangtan Boys Gaungkan Keberagaman di MV Permission To Dance

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 12 Juli 2021
Bangtan Boys Gaungkan Keberagaman di MV Permission To Dance
MV Permission To Dance dengan energik, latar belakang cerah, dan tarian yang mudah diingat. (Foto: YouTube Hype Labels)

BTS, boyband Korea Selatan bentukan Big Hit Entertainment meluncurkan MV terbarunya, berjudul Permission To Dance. Video musik yang rilis tempo hari lalu, merupakan cara Bangtan Boys menyuarakan pentingnya keberagaman antar suku di berbagai dunia, baik Korea Selatan maupun di luar Negeri Ginseng.

Video musik Permission To Dance diumumkan Bangtan Boys pada Jumat, 9 Juli 2021. Kemudian, lagu tersebut menjadi reuni BTS dengan album terkininya, yaitu Butter.

Baca juga:

Single ‘Butter’ BTS Dapat Apresiasi dari American Butter Institute

Dikutip dari media Bestie TV, musik video Permission To Dance merupakan lagu yang menampilkan suasana energik dan latar belakang cerah, serta berbagai tarian yang mudah diingat oleh penonton manapun. Oleh karena itu, tarian-tarian di video musik terasa ‘menyenangkan', sehingga minim rasa tidak suka dari penonton.

Permission To Dance, menampilkan adegan pinggiran kota dengan karakteristik cerah berangin, disusul anak laki-laki berkostum koboi bergaya retro, dan melodi dengan ’musik berwarna-warni', mendorong rasa semangat penonton ataupun pendengar di suasana pandemi COVID-19.

MV Permission To Dance diumumkan Bangtan Boys pada 9 Juli 2021. (Facebook BIGHIT MUSIC)
MV Permission To Dance diumumkan Bangtan Boys pada 9 Juli 2021. (Facebook BIGHIT MUSIC)

Karena melalui rasa semangat, imun tubuh meningkat, sehingga mampu melewati pandemi COVID-19. Serta 'musik berwarna-warni' memberikan pesan ketegasan grup Bangtan Boys melawan isu rasialisme yang meningkat belakangan ini.

Bukan hanya boyband yang tampil, melainkan penari, aktor, orang-orang Asia, dan anak-anak yang memiliki perbedaan kulit satu sama lain. Anak-anak itu menyanyikan lirik lagu “Ain’t nothing that can stop how we move yah,“sebagai bagian dari musik video Permission To Dance yang berdurasi hampir lima menit. .

Baca juga:

BTS Hadir Sebagai House Ambassador dalam Fashion Show Louis Vuitton

Dilansir dari Koreaboo, penggemar Bangtan Boys memberikan pujian atas musik video yang merangkul keberagaman. Pujian itu dikarenakan koreografi BTS menampilkan bahasa isyarat Korea (KSL) dan Internasional, yaitu Amerika (ASL). Kemudian, bahasa-bahasa isyarat itu diwujudkan melalui tiga bahasa isyarat, yaitu kebahagiaan, menari, dan kedamaian.

Oleh karena itu, BTS atau Bangtan Boys mengajak penggemar dan penontonnya mengedepankan cinta kepada orang-orang yang berbeda, baik pada kulit maupun asal sukunya. Karena pada musik video ditemukan orang-orang yang ikut menari bersama rekannya.

Musik video Permission To Dance merupakan kolaborasi BTS dengan penyanyi-penulis lagu dari Inggris Ed Sheeran. Karya kolaborasi itu ditayangkan via platform YouTube dengan akun HYPE Labels. Video mendapat 11 juta lebih suka dan ditonton 113 juta kali pengguna YouTube.

Sebelumnya, Boyband BTS pernah mengirim sumbangan 1 juta USD kepada komunitas Black Lives Matter dan menyatakan dukungan terhadap isu kesetaraan rasial. Mereka juga memposting cuitan untuk berhenti membenci orang Asia dengan tagar #StopAsianHate pada 30 Maret 2021 silam. (Bed)

Baca juga:

Jin BTS Pakai Sweater Made in Negeri Aing, ARMY Heboh Minta Restock

#Musik #BTS
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan