Bangkitkan Kebanggaan Jadi Bangsa Indonesia, COKELAT Rilis "Garuda"

Asty TCAsty TC - Rabu, 26 Juli 2017
Bangkitkan Kebanggaan Jadi Bangsa Indonesia, COKELAT Rilis
Instagram/cokelat

SEBAGAI band yang sejak awal selalu konsisten terhadap nasionalisme, COKELAT kembali menelurkan single bertema kebangsaan. Bekerja sama dengan produser Irwan Simanjuntak dan label HaloHei Entertainment, terciptalah "Garuda".

Single yang diluncurkan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-72 tersebut memiliki pesan tersendiri. Edwin Marshal Syarif (gitar), Ronny Febry Nugroho (bas), dan Jackline "J" Rossy (vokal) ingin mengajak masyarakat mengesampingkan perbedaan maupun opini-opini politik dan fokus pada hal-hal yang patut dibanggakan sebagai bangsa Indonesia.

Simbol 'Burung Garuda' dilambangkan sangat kuat dan besar, tapi bijaksana, tidak buas, dan melindungi. Sosok mitos yang akhirnya dijadikan lambang negara.

Dalam konteks lagu ini, 'garuda' merupakan sesuatu yang bisa mewakili rasa kebanggaan. "Jadi kita harus mencari sebuah simbol di mana semua orang yakin bahwa simbol itu memang sebuah lambang kehebatan atau kekerenan yang bisa dibanggakan," jelas Ronny.

"'Garuda' adalah gambaran bahwa Indonesia itu hebat, indah, dan keren. Kami mengajak orang untuk menjadi hebat dan bangga jadi diri sendiri, kemudian menjadi besar dan bangga jadi orang Indonesia. Ini ajakan untuk bangkit, berkarya, dan berjuang menjadi orang Indonesia hebat. Sebuah gerakan #GarudaBanget!" imbuh Edwin.

Lebih lanjut mengenai #GarudaBanget, J menimpali, "Kami ingin mengajak orang-orang untuk lebih positif memandang Indonesia. Kita semua, siapa pun itu, bisa menjadi #GarudaBanget walau lewat hal-hal kecil. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya atau membudayakan antre. Sekalipun kecil, tapi positif dan berdampak terhadap lingkungan. Itu semua bisa membuat kita hebat dan layak disebut #GarudaBanget."

Untuk membangkitkan rasa kebanggaan itu, maka COKELAT mengumandangkan lagu "Garuda", yang akan dibarengi dengan kampanye positif di berbagai media sosial. Kampanye ini juga didukung berbagai tokoh dan seniman, terutama artis dan musisi Indonesia, yang sama-sama memiliki keyakinan bahwa Indonesia itu hebat dan #GarudaBanget! (*)

Baca juga artikel lainnya tentang COKELAT di sini: "Dikhianati", Lagu Patah Hati Cokelat Yang Beda Dari Biasanya.

#Cokelat #Grup Band #Musisi Indonesia #Garuda Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Asty TC

orang Jawa bersuara alto
Bagikan