Bangganya Jokowi Lantik Lulusan Akmil-Akpol Angkatan 2019 Presiden Jokowi melantik Perwira Remaja lulusan Akademi Militer dan Akademi Kepolisian di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (16/7/2019). (ANTARA News/Agus Salim)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 781 perwira baru TNI-Polri dari Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Polisi (Akpol) lulusan angkatan 2019 dengan penuh rasa bangga. Kepada mereka, Jokowi mengingatkan tanggung jawab para besar untuk melindungi Pancasila.

“Saudara harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi-ideologi luar, Saudara harus menjaga Bhineka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antar anak bangsa, Saudara harus terus menjaga persatuan dalam keberagaman Indonesia,” kata Jokowi saat melantik ratusan perwira TNI dan Polri di Istana Negara, Selasa (16/7).

Baca Juga: Lantik 781 Perwira Baru TNI-Polri, Jokowi Berpesan Jangan Bikin Kecewa

Untuk itu, Jokowi mengingatkan mereka harus memegang teguh kode etik Perwira dan jati diri sebagai Perwira TNI dan Polri. “Melangkahlah ke gelenggang pengabdian dengan tegar, dengan optimisme dan penuh dengan percaya diri,” ujar Presiden

jokowi lantik akmil-akpol
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kesembilan kiri) memimpin acara Prasetya Perwira TNI-Polri di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gum

Jokowi dalam kesempatan itu hadir bersama Ibu Negara Iriana mengucapkan selamat dan sukses kepada para Perwira Remaja TNI dan Polri yang dilantiknya itu. “Saya bangga bisa melantik Saudara-saudara para Kesatria Muda,” tegas Kepala Negara.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menganugrahi empat peraih Adhi Makayasa kepada lulusan terbaik dari 4 angkatan.

Mereka yang menerima Fajar M Al Farouk dari Korps Penerbang Angkatan Darat, Ariz Pama Yudhaprawira dari korps pelaut, M Ihza Nurrabanni dari Korps Teknik Angkatan Udara dan Muhammad Idris yang lahir di Jorong Mudiak Lawe, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, wakil dari Akpol. (Knu)

Baca Juga: Depan Ratusan Calon Perwira TNI-Polri, Kapolri Paparkan Strategi Indonesia Bersatu



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH