Bangga! Film Indonesia Sekala Niskala Menang Festival di Berlin

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 28 Februari 2018
Bangga! Film Indonesia Sekala Niskala Menang Festival di Berlin
(Sumber: Ist)

Salah satu film Indonesia Sekala Niskala mendapat apresiasi yang sangat positif di dunia perfilman internasional. Film besutan Kamila Andini tersebut mendapat kemenangan di Berlin International Film Festival ke-68.

Kamila pun mengaku sangat bahagia. Ia tak menyangka kalau film Sekala Niskala (The Seen and Unseen) bisa menang. Bahkan waktu pengumuman penghargaan, Kamila tak menyiapkan apa-apa, baik baju dan segala macamnya.

"Ini pengalaman luar biasa buat saya sendiri, ini juga kali kedua masuk ke Festival Berlin dan sama sekali tidak terpikir untuk bisa menang penghargaan di festival sebesar itu," ujar Kamila di Jakarta, Rabu (28/2) seperti yang diberitakan Antara.

Film dengan waktu pembuatan hingga enam tahun tersebut, berhasil menerima penghargaan Grand Prix dari tiga juri dewasa untuk kategori Generation Kplus.

"Cuma saya bahagia aja bisa memberikan sesuatu untuk Indonesia. Semoga dengan kemenangan ini, bisa menjadi pemantik bagi insan perfilman di Tanah Air bahwa tidak ada yang tidak mungkin dan semakin semangat dalam berkarya," ujar dia.

Film Sekala Niskala bercerita tentang kakak-beradik Tantra (Gus Sena) dan Tantri (Thaly Kasih) tinggal di Bali dan sangat akrab, mereka sering bermain, menari bersama. Hingga suatu ketika Tantra jatuh sakit dan tidak bisa bergerak.

Hubungan yang kuat antara Tantra dan Tantri membuat mereka mengalami kejadian spiritual yang ajaib antara kedua kakak beradik tersebut. Pengalaman tersebut ditampilkan dengan kearifan lokal dan budaya Bali yang kental.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Maman Wijaya, menyampaikan penghargaan yang tinggi akan prestasi tersebut.

"Kemdikbud menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya akan prestasi yang spektakuler ini. Ini sangat membanggakan bagi dunia perfilman kita," kata Maman. (*)

#Film Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan