Bangga, Pulau Jawa Terpilih Sebagai Pulau Terbaik di Dunia Sumber: Instagram/doyan.ngetrip

MAJALAH wisata Internasional, Travel+Leisure merilis 15 pulau terbaik di dunia dalam ajang World's Best Award. Pemeringkat itu dibuat tiap tahun melalui survei pembaca. Para pembaca diminta untuk memberikan peringkat kepada pulau terbaik di dunia.

Hasilnya ada 3 pulau di Indonesia yang masuk World's Best Award. Hal yang cukup membanggakan lainnya ialah ketiga pulau itu ialah Jawa, Bali, dan Lombok menempati posisi tiga teratas mengalahkan pulau dari negara lain.

Pulau Jawa menempati urutan pertama dengan skor 95,28 dan dinobatkan menjadi pulau terbaik di dunia. Sementara itu, Bali di urutan kedua, skor yang didapat yakni 94,06, dan Lombok di urutan ketiga dengan skor 93,88.

Gunung Gede Pangrango (Instagram/lutfiikhsan)
Gunung Gede Pangrango (Instagram/lutfiikhsan)

Ketiga pulau tersebut berhasil mengalahkan Maladewa dan Waiheke dari Selandia Baru yang hanya menempati posisi keempat dan kelima. Bahkan Maui, Hawaii, hanya berhasil duduk di posisi ke-14.

Seperti keterangan pada situs resminya, Pulau Jawa terpilih karena di dalamnya terdapat budaya kuno dan pemandangan yang memesona. Selain itu, situs Warisan Dunia UNESCO seperti Kompleks Candi Borobudur juga menjadi salah satu alasan para pembaca memilih Pulau Jawa.

"Air terjun, gunung berapi, taman yang dilindungi, dan pantai berpasir putih juga memungkinkan pengunjung untuk mendapat ketenangan," tulis majalah yang berbasis di New York itu.

Karimunjawa (Instagram/wahyuhady)
Karimunjawa (Instagram/wahyuhady)

Pulau Jawa memang memiliki sederet potensi wisata yang menjanjikan mulai dari wisata pantai hingga pengunungan. Bukan hanya itu, beragam suku dan budaya serta tanahnya yang subur menjadikan Pulau Jawa bagai surga. Sebut saja Karimunjawa yang dijuluki surga tersembunyi oleh para wisatawan.

Penghargaan ini juga membuktikan kalau kini potensi wisata Indonesia sudah tidak lagi berpusat di Lombok dan Bali.

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Empat Danau di Indonesia Tempat Tinggal Ubur-ubur Tak Bersengat

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH