Bangga, Indonesia Miliki Gedung Perpustakaan Tertinggi di Dunia Presiden Jokowi saat meninjau Perpustakaan Nasional bersama Mendikbud Muhadjir Effendy. (Foto Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Rakyat Indonesia kini boleh berbangga karena memiliki gedung perpustakaan 24 lantai yang disebut-sebut sebagai gedung tertinggi di dunia.

Presiden Joko Widodo meresmikan gedung fasilitas layanan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di kawasan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Kamis (14/9).

"Saya ingin menginformasikan sekali lagi mengenai Perpustakaan Nasional ini. Dulunya hanya tiga lantai, tidak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai ditambah basement. Jadi tidak kaget kalau gedung Perpustakaan Nasional ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi sedang dibuatkan kartu keanggotaan Perpustakaan Nasional. (Foto Biro Pers Setpres)

Gedung yang pembangunannya dilakukan 2015 silam tersebut didirikan di atas lahan seluas 11.975 meter persegi dengan masa pembangunan sekira 2 tahun 6 bulan. Tak hanya sekadar megah, Perpustakaan Nasional dilengkapi dengan fasilitas serba digital, seperti e-resources, e-books, e-journal dll untuk kebutuhan generasi milenial. Tersedia pula layanan layar sentuh yang berisi e-jurnal, e-book, data perpustakaan di seluruh Indonesia, dan laman Perpustakaan Nasional.

Di lantai 2 terdapat tempat pendaftaran keanggotaan. Di sini pengunjung dapat membuat kartu keanggotaan hanya dalam tempo 1 menit.

Selain itu, Perpustakaan Nasional dilengkapi dengan fasilitas untuk anak-anak, balita dan lansia, serta layanan disabilitas.

“Gedung perpustakaannya sangat representatif, sangat bagus,” ucap Presiden. (*)


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH