Bandung Harus Beradaptasi dengan Pengalihan Penerbangan dari Husein ke BIJB

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 12 Juli 2023
Bandung Harus Beradaptasi dengan Pengalihan Penerbangan dari Husein ke BIJB
Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna. (Humas Bandung)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung rencana pemerintah pusat yang akan memindahkan seluruh penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, mulai Oktober 2023.

Untuk itu juga, Pemkot Bandung akan menyiapkan langkah-langkah adaptif agar kunjungan wisatawan ke Kota Bandung tetap tinggi.

"Kita yang di bawah pasti akan mendukung kebijakan pemerintah pusat," kata Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna usai mendampingi Presiden Joko Widodo ke Pasar Cihapit, Rabu (12/7).

Baca Juga:

Jokowi Bersyukur Tol Cisumdawu Beroperasi Setelah 12 Tahun Pembangunan

Ema mengakui, rencana kebijakan tersebut mungkin tidak dapat menyenangkan seluruh pihak. Namun, ia memastikan Kota Bandung harus bisa beradaptasi dengan rencana keputusan tersebut.

"Saat ini mungkin tidak menyenangkan semua pihak, tapi perlahan nanti pasti menyesuaikan," akunya.

"Konon katanya paling telat 2 jam (perjalanan dari BIJB Kertajati ke Kota Bandung). Saya pikir, Kota Bandung tidak akan semua hilang. Siapa pun juga akan mulai beradaptasi dengan rencana ini" imbuh Ema.

Baca Juga:

Usulkan BIJB Kertajati Jadi RSD COVID-19, Legislator Gerindra: Daripada Mubazir untuk Tempat Swafoto

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan BIJB Kertajati Majalengka bakal beroperasi penuh di Oktober 2023. Sehingga, penerbangan pesawat jet dari dan ke Bandara Husein Sastranegara akan dipindahkan seluruhnya ke BIJB Kertajati.

"Nantinya dimulai bulan Oktober, (Bandara Kertajati) akan operasi penuh. Artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet," ungkap Jokowi saat berkunjungan ke BIJB Kertajati.

Jokowi juga mengatakan, saat ini BIJB Kertajati sudah terhubung dengan Tol Cisumdawu. Dengan begitu perjalanan masyarakat, khususnya dari Kota Bandung akan makin singkat dan lebih mudah ke Kertajati.

"Plus ini telah selesai dan diresmikan Tol Cisumdawu, sehingga jarak tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung hanya kurang lebih 1 jam ini juga akan mempercepat perkembangan Bandara Kertajati," beber Jokowi. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Aher Yakin BIJB Jadi Alternatif Bandara bagi Warga Jateng



#Bijb #Kota Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan