Ajang YOI Bandung Great Run 10K Diikuti Ribuan Peserta Bandung Great Run 10K di Bandung, Minggu (29/5). (Foto: MerahPutih/Rizal Sopian)

MerahPutih Olahraga - Bandung Great Run 10K yang diselenggarakan oleh Yayasan Olahragarawan Indonesia (YOI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung, Kartu MerahPutih Indosat maupun instansi lainnya berlangsung dengan lancar dan meriah.

Acara olahraga lari ini diikuti oleh sekitar 4.000 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Start dan Finish berada tepat di depan Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat.

YOI Bandung Great Run 10K diikuti dari semua kalangan seperti ibu rumah tangga, pengusaha, pelajar, mahasiswa dan anak-anak. Acara ini juga dihadiri oleh atlet profesional seperti kiper Persib I Made Wirawan dan gelandang/kapten Persib Atep Rizal. Selain itu hadir juga artis Nia Daniati yang turut menarik perhatian massa untuk berfoto bersama.

Adapun Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melepas peserta YOI Bandung Great Run 10K, di depan Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/5/2016).

Walikota yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan, acara olahraga ini merupakan yang pertama di Kota Bandung dengan jalur track dalam kota. Hasil dari acara ini akan di sumbangkan untuk senior olahragawan yang memang layak diberikan dalam mengalami kesulitan ekonomi.

"Harapan saya tidak hanya acara ini saja, tapi ada program-program lain tentunya akan kita dukung," ujar Emil usai melepas peserta YOI Bandung Great Run 10K.

Kang Emil mengingatkan, untuk pensiunan olahragawan harus berpikir jangka panjang. Jangan fokus hanya jangka pendeknya saja, setelah pensiun sebagai olahragawan pasti kekuatan fisik ada batasnya.

Sementara itu, Ketua Umum YOI Rudy Hartono menerangkan, dengan peserta sebanyak 4.00o lebih membuktikan kota Bandung layak digelar olahraga lari seperti ini. 

"Jadi YOI mengadakan acara seperti ini, mengajak masyarakat Bandung untuk menikmati olahraga khususnya running. Tujuan dari acara ini membangkitkan semangat olahraga karena di Indonesia masih memerlukan kegiatan olahraga seperti yang diselenggarakan sekarang," jelas legenda bulutangkis nasional ini.

Rudy menambahkan, dukungan dari Walikota membuat sebagian besar masyarakat Bandung antusias mengikuti dan mendukung perhelatan YOI Bandung Great Run 10K.

Ketua Harian YOI Bambang Asmarahadi bahwa kegiatan olah raga ini selain merupakan salah satu upaya membangkitkan kesadaran pentingnya olahraga pada masyarakat juga untuk menyantuni para mantan atlet.

"Dengan kegiatan olahraga ini diharapkan agar semua komponen bangsa turut memperhatikan kesejahteraan para atlet olahragam" tukas Bambang.

Lebih lanjut, Bambang juga menjelaskan bahwa dengan respons yang terbukti positif dari masyarakat, kegiatan YOI Bandung Great Run 10K direncanakan akan menjadi kegiatan tahunan.

"Untuk ke depan diharapkan jadi agenda tahunan, dan untuk masalah tempat, kami belum bisa menentukan, bisa di Gedung Merdeka lagi, ataupun di Gedung Sate," ujarnya.

"Ke depannya kami optimistis bisa menembus Rekor MURI, dengan target 10.000 peserta," tandas Bambang.

Acara YOI Bandung Great Run 10k diikuti oleh ribuan peserta dari sejumlah club running di Kota Bandung maupun luar Bandung. Di antaranya, CEO Runners, Jababeka Runners, RFI (Run For Indonesia), CRC (Cimahi Running Club), Bogor Runners, Unpad Runners, UI Runners, kedodoRun, Lalarian Sana Sini, Bandrek Runners, Running Beb dan BR20. (Zal)

BACA JUGA:

  1. Real Madrid Juara Liga Champions
  2. Ridwan Kamil Ajak Anak Muda Ikut YOI Bandung Great Run 10K
  3. Ayo Gabung di YOI Bandung Great Run 10K
  4. Yuk Dukung YOI Bandung Great Run 10K Pakai Twibbon
  5. Peduli Kesejahteraan Mantan Atlet, YOI Gelar Bandung Great Run 10K


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH