Teknologi
Bando Pintar Ini Katanya Bisa Membuat Kamu Lebih Tenang Produk ini semakin populer di kalangan olahragawan yang digunakan untuk mengukur gelombang otak. (Foto: focuscalm.com)

BILA seseorang stres, biasanya akan memegangi kepala. Dengan bando atau ikat kepala ini, kamu tidak perlu lagi memeganginya. Bando ini merupakan perangkat neurofeedback atau EEG (electroencephalogram).

Produk ini semakin populer di kalangan olahragawan yang digunakan untuk mengukur gelombang otak pemakainya.

Baca Juga:

Jauh Persamaan Antara Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

alat
Dengan algoritma perangkat lunak AI alat ini memantau titik data sinyal gelombang otak. (Foto: businessinsider.nl)

Ketika stres, otak mengeluarkan lebih banyak gelombang atau sinyal karena peningkatan aktivitas listrik. Ide dari bando ini adalah membantu pengguna melatih dirinya untuk menjadi lebih tenang dengan dibarengi meditasi. Dengan penggunaan bando ini, kemudian juga dapat meningkatkan kinerja otak.

Alat tersebut biasanya digunakan oleh dokter untuk menguji kondisi gangguan kesehatan seperti epilepsi dan stroke. Namun, apakah alat yang sama benar-benar bermanfaat dalam membantu orang mengurangi stres?

Anggota tim pengembangan Bobsled/Skeleton AS Emma Baumert yang juga seorang atlet serba bisa asal Illinois, AS, mencoba bando pintar itu.

Baumert yang juga memiliki gelar master dalam fisiologi olahraga ini mengatakan, dia ingin mengetahuinya setelah mencoba headset bernama FocusCalm dua tahun lalu. "Setelah menggunakannya sendiri, saya seperti 'Saya ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang ini'," katanya seperti diberitakan BBC.

Jadi, dia menghubungi perusahaan di balik produk tersebut, BrainCo yang berbasis di Massachusetts. Mengingat studi universitasnya yang relevan, dan partisipasinya dalam angkat besi dan olahraga musim dingin, mereka mengundangnya untuk menjadi peneliti paruh waktu selama beberapa bulan pada 2020 dan pada awal tahun ini.

Baumert sekarang yakin perangkat itu berfungsi. "Saya harus memvisualisasikan dan belajar bagaimana memiliki kontrol yang lebih baik, dan pelatihan apa yang perlu saya lakukan untuk masuk ke kondisi yang lebih santai, sambil tetap dapat menghasilkan daya ledak yang sangat tinggi."

Baca Juga:

Atasi Stres dengan Aktivitas ini

alat
Bando pintar ini juga dirancang untuk membantu kamu merasa lebih tenang. (Foto: choosemuse.com)

Presiden BrainCo Max Newlon menjelaskan, bando pintar ini menggunakan algoritma perangkat lunak AI (kecerdasan buatan) untuk memantau 1.250 "titik data" dalam sinyal gelombang otak seseorang. Terhubung ke aplikasi ponsel, kemudian memberi skor pada skala 0 hingga 100, dengan 100 sebagai yang paling tenang. Sebagian besar waktu rata-rata orang tampaknya tenang di sekitar tanda 50.

"Ini adalah pengukuran pasif, tidak ada yang masuk ke otak," kata Mr Newlon, yang pertama kali mulai mengerjakan teknologi pada tahun 2015.

Seperti latihan fisik yang membuat tubuh lebih kuat, Newlon mengatakan, orang dapat belajar untuk mengendurkan otak mereka, dan begitu keterampilan itu diperoleh, akan melekat.

Ada pengembang bando pintar EEG lain, yaitu perusahaan Kanada InteraXon. Mereka menciptakan produk bernama Muse pada tahun 2014. Alat ini juga dirancang untuk membantu kamu merasa lebih tenang, dan pada gilirannya mendukung meditasi atau tidur yang lebih baik.

Selain mengukur gelombang otak, alat ini merekam detak jantung, kecepatan pernapasan, dan postur seseorang. Alat tersebut juga dilengkapi dengan aplikasi yang memainkan suara yang menenangkan, seperti suara hutan hujan.

Chief Executive InteraXon Derek Luke mengatakan, pelanggannya berusaha mengatasi masalah dalam hidup mereka, seperti stres dan kecemasan, atau secara proaktif mencoba meningkatkan sesuatu, seperti kinerja mereka dalam olahraga tertentu. (aru)

Baca Juga:

Tidak Melulu Buruk, Stres Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

  • LAINNYA DARI MERAH PUTIH
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ajarkan Anak Mandiri, Mulai dengan Hal Sederhana
Fun
Ajarkan Anak Mandiri, Mulai dengan Hal Sederhana

Tak perlu mendidik anak dengan cara sulit.

Pepsi dan Peeps Bikin Soda Rasa Marshmallow
Kuliner
Pepsi dan Peeps Bikin Soda Rasa Marshmallow

Marshmallow cola dibuat dalam jumlah terbatas.

BTS Meals Akhirnya Sampai Indonesia, Simak Detailnya
Fun
BTS Meals Akhirnya Sampai Indonesia, Simak Detailnya

Cara beli hingga konten eksklusif BTS Meals di Indonesia.

Pakaian Licin tanpa Setrika
Fashion
Pakaian Licin tanpa Setrika

Faktanya, ada banyak trik perawatan pakaian yang lebih praktis dan mudah.

‘Hospital Playlist’ Rilis Poster Musim Kedua
ShowBiz
Apple Rilis AirPods Max, Simak Fitur Menariknya
Fun
Apple Rilis AirPods Max, Simak Fitur Menariknya

Memiliki beberapa fitur sama seperti lini AirPods.

Gratis, Universal Pictures Tayangkan 7 Film Horor Klasiknya
Fun
Gratis, Universal Pictures Tayangkan 7 Film Horor Klasiknya

Karakter monster menyeramkan akan hadir di tujuh film ini.

10 Senti Hempaskan Pasangan Kamu
Fun
10 Senti Hempaskan Pasangan Kamu

Tidak perlu minder karena memiliki Mr.P 10 cm saat ereksi.

Bitcoin Didapat dari Menambang, Apa itu?
Fun
Bitcoin Didapat dari Menambang, Apa itu?

mata uang digital atau mata uang kripto yang terkenal adalah Bitcoin. Mata uang ini tidak bergantung pada suatu pemerintahan dan lembaga keuangan

Atasi Nyeri Pinggang dengan 5 Gerakan Yoga Sederhana
Fun
Atasi Nyeri Pinggang dengan 5 Gerakan Yoga Sederhana

Nyeri pinggang langsung hilang dengan gerakan yoga.