Bandingkan dengan Bahar bin Smith, Eks Bos KPK Nilai Tuntutan Peneror Novel Tak Masuk Akal

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 12 Juni 2020
Bandingkan dengan Bahar bin Smith, Eks Bos KPK Nilai Tuntutan Peneror Novel Tak Masuk Akal
Sidang lanjutan kasus penyiraman air keras terhadap dirinya di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Kamis (30/4/2020). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz)

MerahPutih.com - Mantan Pimpinan Komisi Pembetantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarief menilai, tuntutan satu tahun pidana penjara terhadap Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis, dua terdakwa peneror penyidik senior KPK Novel Baswedan tidak dapat diterima akal sehat.

"Tidak dapat diterima akal sehat," kata Laode saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (12/6).

Baca Juga:

untutan Ringan Peneror Novel Baswedan Bukti Ada Kepentingan Mafia Korupsi

Diketahui, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut dua mantan anggota Brimob Polri untuk dihukum satu tahun pidana penjara. Tuntutan itu dibacakan jaksa dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (11/6) kemarin.

Laode lantas membandingkan kasus penyiraman air keras yang menimpa Novel Baswedan dengan kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Bahar bin Smith terhadap dua remaja.

Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif. (Antara/Benardy Ferdiansyah)
Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif. (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Menurutnya, tuntutan terhadap pelaku penyerangan air keras Novel Baswedan jauh lebih ringan ketimbang tuntutan terhadap Bahar bin Smith.

Baca Juga:

Dua Oknum Polisi Penyerang Novel Dituntut Setahun, Penegakan Hukum Dinilai Karut-marut

Pria yang identik dengan rambut panjang pirang itu dituntut 6 tahun penjara karena melakukan penganiayaan terhadap Cahya Abdul Jabar dan Khoirul Aumam. Majelis hakim akhirnya memutus Bahar bin Smith dengan vonis 3 tahun penjara.

"Bandingkan saja dgn penganiayaan Bahar Bin Smith. Saya melihat pengadilan ini sebagai ‘panggung sandiwara’," tegas Laode. (Pon)

Baca Juga:

Kuasa Hukum Nilai Persidangan Kasus Penyiraman Novel Baswedan Penuh Sandiwara

#Laode M Syarif #Novel Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan