Bandara YIA Beroperasi, Dispar DIY Optimistis Gaet 1,5 Juta Wisman Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) (Foto: Humas Angkasa Pura I)

MerahPutih.Com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) optimistis kehadiran bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Yogyakarta. Tahun 2020, Dispar menargetkan ada 1,5 juta Wisman yang melancong ke kota budaya ini.

"Tahun 2019 target kita 1 juta wisman. Saya yakin 2020 bisa naik jadi 1,5 juta," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih di Yogyakarta, Sabtu, (22/6).

Sementara untuk total jumlah wisatawan baik mancanegara dan domestik, Dispar juga optimis akan mengalami kenaikan. Total jumlah wisatawan 2020 ditargetkan sebanyak 7 juta. Sementara tahun 2019 target kunjungan seluruh wisatawan adalah 6 juta.

Kepala Dispar DIY Singgih
Kepala Dispar DIY, Singgih (Foto: antaranews)

Singgih melanjutkan optimisme ini didasarkan pada tingginya antusiasme masyarakat untuk terbang dari bandara YIA usai satu bulan dioperasionalkan sebagian.

Maskapai penerbangan yang mendarat di bandara dekat pantai ini pun terus bertambah. Awal dilaunching bulan Mei 2019, hanya ada 1 maskapai yang mendarat disana yakni Citilink. Namun kini sudah ada dua penerbangan yakni Citilink dan Batik Air. Garuda dan Lion pun segera menyusul. Kedua maskapai raksasa ini sedang mengurus izin penerbangan ke bandara YIA.

BACA JUGA: Eddy Hiariej: Kualitas Pembuktian yang Utama Bukan Masalah Jumlah Saksi

Anies Tegaskan Warga DKI Jakarta Siap Bekerja Keras

Sementara untuk penerbangan internasional saat ini baru dua maskapai yakni Silk Air dan Air Asia. Namun Singgih mendapatkan informas ada beberapa maskapai internasional yang tengah menjajaki pendaratan di YIA.

"Infonya sekitar bulan Oktober ada pendaratan dari rute international baru di YIA," tutup Singgih.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, repoter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH