Bandara Paling Mengerikan di Dunia Bandara Courchevel, Prancis yang kerap dihantam cuaca buruk. (Foto: youtube)

TAKE off atau landing saja sudah cukup berbahaya dalam proses penerbangan. Pilot dan kontrol trafik udara saling berkomunikasi dengan baik agar selamat terbang dan mendarat. Proses itu saja sudah cukup membuat jantung dag dig dug bila ada satu kesalahan.

Bagaimana bila bandaranya mengerikan? Dibutuhkan pilot ahli dan bimbingan ktonrol udara yang baik untuk dapat take off dan landing. Bandara-bandara itu mengerikan karena faktor kontur alam, cuaca, bangunan dan landasannya. Berikut bandara-bandara mengerikan versi merahputih.com.

Bandara Courchevel, Prancis

courchevel
Runawaynya mengarah ke gunung. (Foto: aviationcv)

Bandara yang berada dalam wilayah Prancis ini kebanyakan digunakan oleh para wisatawan yang hendak bermain ski. Karena itulah bandara ini menjadi mengerikan karena berada di wilayah pegunungan dengan landasan diselimuti es tipis. Bandara ini sering diterpa cuaca buruk. Runawaynya mengarah langsung ke gunung.

Bandara Internasional Toncontin, Honduras

toncotin
Pesawat sering dihempas angin besar. (Foto: airportia)


Bagi para pilopt mendarat di bandara ini membutuhkan keahlian sendiri. Bandara ini dikenal memiliki tingkat kesulitan tinggi. Pilot harus tetap mengarahkan hidungnya ke landasan dengan bertahan dari hembusan angin kuat yang menerpa pesawat. Landasannya diperpanjang dari 300 meter menjadi 2162 meter. Tetap membutuhkan kepiawian pilot mendaratkan pesawatnya.

Bandar Juancho E. Yrausquin, Pulau Saba

juancho e. yrausquin
Hanya pesawat kecil yang bisa mendarat disini. (Foto: youtube)

Bandara yang berada di wilayah Karibia ini memiliki landasan terpendek di dunia. Bayangkan hanya memiliki panjang landasan sekitar 396 meter. Makanya pesawat yang diperbolehkan mendarat disini adalah pesawat yang memiliki kemampuan landing dan take off dengan landasan pendek. Tetap saja mengundang debar jantung ketika take off atau landing.

Bandara Tenzing Hillary, Nepal

tenzing hillary
Gerbang pendaki Everest. (Foto: youtube)


Bandara di Nepal ini merupakan gerbang bagi para pendaki Everest. Bandara ini bukan hanya terkenal karena itu saja. Melainkan karea di ujung landasan terdapat jurang yang menganga. Terbayangkan bila pilot tidak dapat menerbangkan pesawatnya.

Bandara Congonhas, São Paulo

congonhas
Dikepung perkotaan. (Foto: oneclickwonders)

Bandara ini seolah sangat kecil dikepung oleh gedung-gedung yang ada di kota. Padahal ketika pertama kali diresmikan di tahun 1930an tingkat kesulitannya sama sekali tidak ada. Namun pembangunan di kota membuat pilot mengalami kesulitan untuk memasuki bandara ini. Perkembangan kota yang sangat pesat membuat bandara tidak lagi mampu dikembangkan. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH