Bandara NYIA Yogyakarta Diresmikan setelah Pemilu 2019

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 06 April 2019
Bandara NYIA Yogyakarta Diresmikan setelah Pemilu 2019
Maket Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA)

MerahPutih.com - Peresmian Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon Kabupaten Kulon Progo molor dari jadwal. Bandara ini bakal dioperasionalkan sebagian setelah pelaksanaan pemilu.

Juru bicara proyek NYIA, Agus Pandu Purnama mengatakan mega proyek ini baru akan diresmikan pada akhir April 2019.

"Kami targetkan akhir April penerbangan bisa mendarat disini. Pertama yang mendarat penerbangan international dulu," kata Pandu di Yogyakarta, Jumat (5/4).

Menhub Budi K. Sumadi meninjau lokasi Bandara NYIA, Yogyakarta, Jumat (14/12) lalu. (Foto: Humas Kemenhub)
Menhub Budi K. Sumadi meninjau lokasi Bandara NYIA, Yogyakarta, Jumat (14/12) lalu. (Foto: Humas Kemenhub)

Pandu menjelaskan secara fisik sebenarnya bnadara NYIA sudah siap beroperasi pada 15 April 2019. Namun pemunduran operational terjadi karena adanya proses verifikasi kelayakan dari Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA

Pengamat Nilai Pilihan Golput Tepat Hanya Pada Masa Rezim Soeharto

Teroris Tusuk Anggota Polri di Bandung, Pelaku Diduga Anggota JAD

Perempuan Paruh Baya Titip Secarik Kertas ke Ma'ruf untuk Jokowi

Kegiatan verifikasi ini akan berlangsung 4-6 April 2019. Saat proses verifikasi, kemenhub akan menilai Bandara NYIA dari segi kualitas infrastruktur, konsep operasional, aspek keselamatan dan keamanan hingga kesiapan fasilitas dan sarana pendukung.

"Setelah itu kami menunggu hasilnya seperti apa. Apakah perlu ada yang dikoreksi atau dibenahi. Tenggat waktu perbaikan 10 sampai 14 hari," kata dia.

Progres pembangunan kini sudah mencapai lebih dari 93 persen. bangunan Terminal sudah masuk tahap finishing. PIhaknya masih perlu memasang beberapa furniture, instalasi, dekorasi dan beberapa sarana dan prasarana pendukung.

"Area Kantin, ruang laktasi, ATM masih kami siapkan. Tapi kalau kantor bea cukai dan immigrasi sudah siap," jelas dia.

Sementara dari sisi air side (udara) masih perlu beberapa penyempurnaan. Angkasa Pura 1 masih perlu memasang sejumlah marka dan tanda di landasan dan tempat parkir pesawat.

PIhaknya saat ini terus mengebut pembangunan dengan mengerahkan 5.400 pekerja Di tahap awal pengoperationalkan, panjang landasan yang bisa dipakai adalah 3.250 meter. Sementara, terminal yang dapat dioperasionalkan seluas 12.920 meter persegi. Terminal ini diprediksi mampu menampung puluhan ribuan penumpang per hari.

Bandara NYIA
Maket Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA)

Usai diresmikan AP 1 akan memindahkan enam flight international dari bandara Adisutjipto ke NYIA. Keenam maskapai itu adalah dua dari Singapura dan empat dari Malaysia.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

#Yogyakarta #Bandara Kulon Progo
Bagikan
Bagikan