Bandara Kertajati akan Layani Penerbangan ke Lima Kota Besar di Indonesia Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau BIJB. Foto: MP/Mauritz

MerahPutih.com - Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan rencana tahap awal Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan melayani penerbangan untuk lima kota besar di Indonesia.

Lima kota tersebut yakni Medan, Surabaya, Bali, Makassar dan Kalimantan. Untuk Kalimantan Sedangkan kemungkinan Samarinda atau Balikpapan.

"Rencananya untuk awal akan melayani lima kota besar yakni Medan, Surabaya, Bali, Makassar dan Samarinda atau Balikpapan," kata Menhub Budi usai meninjau BIJB di Kertajati, Rabu (4/4).

BIJB
Bandara Internasional Jawa Barat. Foto: MP/Mauritz

Selain itu, bandara yang rencananya akan dilakukan soft opening pada minggu ketiga bulan Mei 2018 ini akan digunakan untuk penerbangan haji minimal untuk dua kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang.

"Minimal bisa melayani keberangkatan haji untuk Sumedang dan Majalengka," kata Menhub Budi.

Dari kedua kabupaten tersebut tercatat ada 7 penerbangan yang nantinya akan menggunakan pesawat airbus 320. Kementerian Perhubungan saat ini tengah melakukan koordinasi dengan pihak Garuda Indonesia.

"Dengan Garuda saya sedang koordinasi," ujarnya.

Berita ini merupakan laporan Mauritz, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH