Bandara Internasional Tripoli Diserang Pria Bersenjata, Tiga Orang Tewas Bandara Internasional Tripoli, Libya (ANTARA FOTO via Reuters)

MerahPutih.Com - Keamanan Bandara Internasional Tripoli bobol mana kala terjadi serangan bersenjata yang menewaskan tiga orang dan melukai beberapa orang. Bandara terbesar di Libya itu, Senin (15/1) diserang sekelompok pria bersenjata yang diduga berasal dari milisi.

"Milisi bersenjata yang dikenal dengan nama Bashir Al-Baqarah dan semua penjahat yang dicari oleh Pasukan Penangkal setelah mereka melarikan diri (dari penjara) dan bergabung dengan milisi," kata Pasukan Penangkal Khusus yang bertugas mengamankan bandar udara tersebut di dalam satu pernyataan di akun resmi Facebooknya.

Pasukan antiteror Libya menyatakan para penyerang ditangani "sampai mereka dikalahkan dan diusir dari Bandar Udara Mitiga Tripoli dan penjara, tempat lebih dari 2.500 narapidana ditahan dengan berbagai dakwaan".

Pasukan tersebut menyiarkan gambar tank yang dikerahkan di sekitar bandar udara.

Kepala rumah sakit lapangan di Tripoli mengkonfirmasi tiga orang tewas dan beberapa orang lagi cedera akibat bentrokan itu.

Kepala Dinas Penerbangan Sipil Nasr-Addin Shayeb Al-Ain mengatakan bandar udara tersebut untuk sementara telah ditutup karena alasan keamanan.

"Penutupan bandar udara dilakukan akibat bentrokan yang terjadi. Kami menunggu bentrokan berhenti dan agar bandar udara aman kembali untuk melanjutkan lalu-lintas udara," kata Al-Ain kepada Xinhua seperti dikutip Antara dari Jakarta, Senin malam.

Ia menyatakan penerbangan untuk sementara telah dialihkan ke bandar udara di Kota Misurata, sekitar 250 kilometer di sebelah timur Ibu Kota Libya, Tripoli.

Bandar Udara Internasional Mitiga di Tripoli sering menyaksikan bentrokan dan serangan bersenjata, yang paling akhir terjadi pada Oktober 2017. Namun, serangan pada Senin adalah yang paling keras yang sejauh ini telah disaksikan bandar udara itu; beberapa pria bersenjata menyerang pusat bandar udara dan penjara di dalamnya, tempat ratusan pelaku teror telah ditahan selama beberapa tahun belakangan.(*)


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH