Bandara Adisutjipto dan Stasiun Tugu Yogyakarta Buka Layanan Vaksinasi COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 12 Juli 2021
Bandara Adisutjipto dan Stasiun Tugu Yogyakarta Buka Layanan Vaksinasi COVID-19
Vaksinasi COVID-19 di Stasiun Tugu Yogyakarta. (Foto: MP/Humas PT KAI Daop 6)

MerahPutih.com - Penumpang pesawat dan kereta di Yogyakarta bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19. Vaksinasi dilakukan di Bandara Adisucipto dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama menjelaskan, layanan vaksinasi tersebut bertempat di Gedung EMPU sisi timur Bandara Adisutjipto di Jalan Laksda Adisutjipto, Maguwoharjo, Sleman.

"Lokasinya tidak jauh dari fasilitas rapid test antigen Bandara Adisutjipto. Kami melayani setiap hari pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, menggunakan vaksin Sinovac," jelas Agus di Yogyakarta, Senin (11/07).

Baca Juga:

Titik dan Jadwal Jam Operasi Mobil Vaksin Keliling di Jakarta, Silakan Dicatat!

Penumpang yang hendak divaksin harus mengikuti sejumlah persyaratan. Pertama, vaksinasi dilakukan sehari (H-1) sebelum keberangkatan. Selain itu, penumpang wajib menunjukkan tiket pesawat yang sudah dipesan.

Diharapkan dengan adanya sentra vaksinasi di bandara akan memperluas dan mempermudah masyarakat, khususnya calon penumpang, untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sehingga herd immunity dapat segera terwujud.

Pandu menambahkan vaksinasi adalah salah satu syarat dokumen penerbangan yang harus dilengkapi penumpang pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

  Vaksinasi COVID-19 di Stasiun Tugu Yogyakarta. (Foto: MP/Humas PT KAI Daop 6)
Vaksinasi COVID-19 di Stasiun Tugu Yogyakarta. (Foto: MP/Humas PT KAI Daop 6)

Ia melanjutkan, pengadaan vaksin di bandara diharapkan mempermudah penumpang melengkapi persyaratan penerbangan. Juga bentuk dukungan PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mewujudkan target 1 juta vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus 2021.

Terpisah, Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto menjelaskan, vaksinasi COVID-19 gratis dilakukan sejak 3 Juli 2021 di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Solo Balapan Jawa Tengah.

Baca Juga:

Vaksinasi COVID-19 Berbayar di Kimia Farma Ditunda

Syarat untuk menggunakan layanan ini yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

"Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin COVID-19," pungkas Supriyanto. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga:

Vaksinasi Berbayar Dinilai Bikin Malas Orang Vaksin

#Vaksinasi #COVID-19 #Yogyakarta #Stasiun Tugu #Bandara Adisucipto
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan