Band Perkusi Ini Kenalkan Musik Nusantara ke Dunia Svara Samsara (Instagram @svarasamsara)

MELALUI alat musik dari berbagai daerah di Indonesia grup perkusi asal Indonesia, Svara Samsara berhasil mengenalkan musik nusantara di panggung Rainforest World Music Festival (RWMF) 2017 Sarawak.

Acara yang diselenggarakan pada Jumat (14/7) malam itu, Svara Samsara mampu memukau penonton dari berbagai belahan dunia yang hadir di acara internasional tersebut.

"Kita turut bangga bisa menjadi satu di antara pengisi acara di RWMF 2017. Kita lebih bangga lagi penonton begitu antusias dengan penampilan kita saat manggung," ujar satu di antara personil Svara Samsara, Pele di Kuching, Sabtu (15/7).

Pembentukan grup Svara Samsara sendiri terinspirasi dari grup musik Kahanan yang dinaungi oleh Innisisri yang merupakan legenda musik perkusi di Indonesia. Saat itu mereka prihatin lantaran Rumah Kahanan sepi setelah meninggalnya Innisisri.

"Kita sebenarnya sudah memiliki grup musik masing-masing. Namun sejak om Innisisri meninggal dunia, Rumah Kahanan sepi tanpa suara. Melalui managernya kita minta untuk membentuk grup. Managernya yang mengatur semua," kata dia.

Svara Samsara - Indonesian Percussion
Svara Samsara di acara RWMF 2017 (Facebook Svara Samsara)

Terkait latar belakang keahlian musik, ia bersama personil lainnya seperti Ronal, Agay, Kaunang dan Kate berbeda-beda dan itu sesuai asal daerah mereka yang berbeda pula.

"Ada dari Padang, Jateng, Jakarta dan lainnya. Kita menyatukan diri melalui musik perkusi yang mengunakan alat musik dari berbagai daerah," papar dia.

Sementara itu Manager Svara Samsara, Arjan Onderdenwijngaard mengatakan musik yang dibawa Svara Samsara adalah musik Indonesia. Di dunia, apa yang ditampilkan merupakan representasi dari Indonesia.

"Untuk di Indonesia sendiri bagaiamana ketika orang mendengar mereka tampil ingat daerah mereka sendiri. Hal itu karena semua musik daerah diangkat," kata dia.

Pergelaran RWMF 2017 tersebut digelar di Kampung Budaya Sarawak. Even yang berlangsung sejak 14- 16 Juli 2017 menghadirkan 28 pengisi acara dari berbagai belahan dunia. (*)

Sumber: Antara

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Indra Lesmana Akan Buat Festival Jazz di Denpasar


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH