Band Indie Rock Bandung "Speaker First" Siap Guncang Woodstock Polandia Instagram/speaker_first_official

PRESTASI musik rock Indonesia sering kali kalah gaung dengan musik-musik lainnya. Padahal, tak sedikit band-band indie rock yang sudah go international. Salah satunya band indie beraliran rock 'n' roll asal Bandung, Speaker First. Mereka telah diundang untuk tampil di berbagai kota di Amerika dan Eropa, bahkan diminati oleh label internasional dan masuk majalah Amerika.

Tepatnya 3 Agustus 2017, band yang dikawal vokalis Mahattir Alkatiry, duo gitaris kembar Benny dan Bonny Barnaby, serta additional drummer Daud ini akan guncang panggung Festival Woodstock 2017 di Polandia. Mereka akan membawakan 12 lagu, tentunya termasuk dua judul jagoan, yakni "The Anthem" dan "Break My Soul".

"Dua lagu itu punya sambutan sangat tinggi dan masuk top chart di radio-radio ketika kami merilisnya di luar negeri," ucap Attir, vokalis Speaker First.

"The Anthem" berhasil menjadi satu-satunya single dari band Indonesia yang masuk daftar lagu unggulan di Radio KROQ-FM, Los Angeles, Amerika Serikat. Single internasional lainnya, yakni "Break My Soul" juga banyak di-request di KROQ-FM.

Ada cerita tersendiri di balik tampilnya mereka di ajang tersebut. Beberapa bulan lalu, band yang berdiri sejak 2002 ini menjalani tur tujuh kota di Amerika Serikat. "Ternyata sambutannya melebihi harapan kami. Banyak yang menghampiri kami seusai turun panggung. Salah satunya pihak promotor Woodstock yang langsung menawari kami untuk tampil di Woodstock Festival 2017," Attir bercerita.

Tanpa berpikir lama, para personel Speaker First pun langsung menyanggupi tawaran tersebut. Apalagi, tawaran ini menjadikan mereka band Asia pertama yang akan manggung di acara akbar tersebut, suatu kehormatan bagi Speaker First untuk membawa nama Indonesia.

Kesempatan ini tak lepas dari peran DCDC Dreamworld, yang senantiasa memfasilitasi band-band independen Indonesia yang punya ambisi untuk tampil di kancah internasional. Kimung, personel Karinding Attack sekaligus perwakilan DCDC Dreamworld menyampaikan pendapatnya terkait tawaran manggung Speaker First tersebut.

"Sudah sepatutnya masyarakat Indonesia semakin dibukakan matanya mengenai potensi yang dimiliki musik indie lokal. Penampilan Speaker First di Woodstock nanti merupakan salah satu pion yang dapat memperkuat semangat masyarakat dalam pergerakan musik Indonesia," ungkap Kimung. (*)

Sumber: ANTARA

Baca juga artikel mengenai band indie rock lainnya yang juga go international di sini: Band Asal Bali "The Hydrant" Diundang Pentas Di Eropa.



Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE