Ban dan Bahan Bakar MotoGP Tiba di Sirkuit Mandalika

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 01 Februari 2022
Ban dan Bahan Bakar MotoGP Tiba di Sirkuit Mandalika
Pemasangan kontainer-kontainer yang disiapkan untuk para pembalap dan tim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/MGPA).

MerahPutih.com - Perlengkapan para pembalap menjelang tes pra musim MotoGP Mandalika pada 11-13 Februari 2022 mulai berdatangan ke Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Seluruh ban dan bahan bakar untuk masing-masing kendaraan tim balap sudah datang melalui laut dan saat ini sudah berada di Pertamina Mandalika International Street Circuit," ucap Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dalam keteranga tertulisnya di Jakarta, Selasa (1/2).

Baca Juga

Sejumlah Syarat Jika Ingin Nonton MotoGP Mandalika

Sedangkan untuk motor-motor pebalap serta berbagai perlengkapan spare-part, lanjut Andhi akan datang menggunakan beberapa pesawat yang akan langsung mendarat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

"Saat ini kami selaku penyelenggara sedang mempersiapkan layout penempatan berbagai kontainer yang akan dijadikan kantor Dorna, kantor media, penempatan kontainer motor dan spare parts dan berbagai kontainer lainnya serta pembangunan berbagai fasilitas penunjang dalam rangka tes pra-musim di Pertamina Mandalika International Street Circuit," tutur Priandhi.

MGPA terus mematangkan persiapan MotoGP yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kabupaten Lombok Tengah pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Teknik dan Operasi MGPA, Samsul Purba mengatakan, sejauh ini persiapan yang dilakukan terdiri atas sejumlah aktivitas di antaranya perbaikan sistem saluran air (drainase) track, pembangunan tribun penonton, pembenahan main track, serta persiapan SDM untuk perekrutan marshal.

"Saat ini sistem saluran air (drainase) track yang sebelumnya mengalami genangan di beberapa titik telah selesai diperbaiki," katanya.


Baca Juga

Pemerintah Percepat Upaya Vaksinasi COVID-19 Jelang MotoGP Mandalika


Menurut dia, saluran drainase ini dipantau dan dievaluasi dengan rutin seiring tingginya curah hujan dengan intensitas tinggi.

"Saat dilakukan pengukuran dan pemantauan, dapat disimpulkan bahwa sudah tidak ada lagi genangan saat terjadi hujan lebat di area sirkuit," jelas Samsul Purba.

Di samping perbaikan drainase yang telah selesai, lanjut dia, pihaknya juga membenahi main track sirkuit di antaranya dengan pengecatan pada beberapa area barier sesuai permintaan FIM, penambahan tyre barrier pada beberapa lokasi dan pemasaangan digi flag.

"Saat ini juga tengah dilakukan pembangunan tribun penonton antara lain Hospitality Suites VIP Village dan 11 titik lainnya di sejumlah titik di area sirkuit," ucapnya.

Untuk progres pembangunan VIP Village, menurutnya telah memasuki pekerjaan struktur seperti pekerjaan struktur paja, pemasangan dinding bata, dan wiremesh.

"Nantinya, VIP Village ini akan menampung kapasitas hingga 2.400 orang. Sementara, untuk pekerjaan tribun lainnya memasuki tahap pengerjaan tanah antara lain, pemadatan timbunan, pekerjaan concrete pad, dan pekerjaan drainase, serta pemasangan pondasi atap," kata Samsul Purba.

Sementara itu, untuk target keseluruhan pengerjaan sejumlah fasilitas pendukung tersebut, Samsul Purba menyatakan diupayakan tuntas seminggu sebelum hari H pelaksanaan MotoGP.

"Kami berupaya untuk mempercepat perbaikan serta melengkapi sarana prasarana yang ada di sirkuit ini untuk memaksimalkan perhelatan balap akbar MotoGP pada 18-20 Maret yang diawali dengan Mandalika MotoGP Official Test pada 11-13 Februari. Pekerjaan ini juga tentunya telah dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek teknis sehingga dapat memenuhi persyaratan standar," katanya. (*)

Baca Juga

Jelang MotoGP, Tarif Akomodasi di Lombok Naik Berkali Lipat

#MotoGP #Tes Pra Musim MotoGP #Mandalika #Sirkuit Mandalika
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan