Bamsoet Disindir "Terlalu Ambisius" karena Ingin Maju Jadi Bos Golkar Suasana rapat pleno Golkar di Kantor DPP Partai Golkar di Jakarta, Rabu malam. (Foto: Antara/Istimewa)

MerahPutih.com - Pengamat politik Jerry Massie menyindir etika politik Bambang Soesatyo yang terkesan ngotot jadi Ketua Umum Golkar meski mendapat jabatan Ketua MPR.

Dia pun menyesalkan langkah yang diambil Bamsoet maju kerena desakan segelintir kader Golkar. Padahal, katanya, Bamsoet sudah diberikan jalan mulus sebagai Ketua MPR.

Baca Juga:

Hampir 400 DPD Diklaim Dukung Bamsoet Jadi Ketum Golkar

"Padahal beliau sudah diberikan posisi Ketua MPR," katanya kepada merahputih.com di Jakarta, Jumat (29/11).

Ketua MPR dan Caketum Partai Golkar Bambang Soesatyo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Ketua MPR dan Caketum Partai Golkar Bambang Soesatyo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Dia pun menyarankan agar Bamsoet tak usah maju karena desakan segelintir kader Golkar. Karena bagaimana pun, Bamsoet sejak didapuk sebagai Ketua MPR sudah berkomitmen.

"Bagi saya Bamsoet tidak usah bertarung sebetulnya. Tapi ini kan hanya pendukungnya yang terus mendorong dirinya untuk maju," katanya.

Jerry juga menyebut, sudah jelas Presiden Joko Widodo mendukung Airlangga dalam perebutan ketua umum Partai Golkar.

Baca Juga:

Rivalitas Airlangga-Bamsoet Memanas, Jokowi: Itu Urusan Internal Golkar

Bamsoet bakal sulit menandingi Airlangga. Dengan empat jatah menteri ditambah satu wakil menteri, menurut dia, itu adalah bukti kepercayaan Jokowi pada Airlangga.

Presiden Jokowi bersalaman dengan mantan Wapres Jusuf Kalla di Gedung DPR. (Foto: antaranews)
Bambang Soesatyo (belakang), Presiden Jokowi, dan mantan Wapres Jusuf Kalla di Gedung DPR. (Foto: antaranews)

Terlebih, katanya, kunci utama Presiden Jokowi masih mendukung Airlangga terlihat saat mantan Wali Kota Solo ini menyampaikan pidatonya pada HUT Golkar. Jokowi sempat melempar pujian kepada Airlangga dengan menyebutnya sebagai "ketum top".

"Airlangga tipikal Jokowi, yakni orangnya cool atau adem. Pak Jokowi tidak terlalu suka dengan orang yang kepedean besar atau over confidence," kata Jerry. (Knu)

Baca Juga:

Ucapan Terima Kasih Bamsoet dan Standing Ovation untuk Jusuf Kalla


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH