Bamsoet Beberkan Ada Sejumlah Menteri Kabinet Jokowi-JK yang Dipertahankan Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

MerahPutih.Com - Beberapa menteri yang saat ini menjadi anggota Kabinet Kerja Jokowi-JK diprediksi akan tetap dipertahankan Presiden Jokowi dalam periode kedua pemerintahannya.

Menurut Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet, sejumlah menteri dengan kinerja yang bagus akan tetap dipakai dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Apalagi menurut Bamsoet, rencana Presiden Jokowi mengumumkan nama-nama menteri sebelum pelantikan presiden dan wapres terpilih menunjukkan cara baru dalam penyusunan Kabinet Kerja Jilid II.

Baca Juga: ICW Wanti-Wanti Jokowi Waspadai Calon Menteri yang Cacat Integritas dan Loyalitas

"Karena beliau adalah inkumben meneruskan periodenya. Maka diumumkan sebelum atau pada saat periode baru itu tidak masalah,” ujar Bamsoet kepada wartawan di Jakarta (15/8).

Ketua DPR yang juga politisi Golkar Bamsoet
Ketua DPR yang juga politisi Golkar Bambang Soesatyo (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Lebih lanjut, politsi Golkar ini mengungkapkan ada beberapa nama menteri yang kembali terpilih untuk periode kedua namun, Bamsoet enggan membocorkan nama-nama menteri tersebut.

"Saya juga dengar ada menteri-menteri baru yang akan diumumkan lebih awal dan ada menteri lainnya diumumkan nanti pada saat pelantikan kabinet,” jelas dia.

Ia mengapresiasi komposisi kabinet Presiden Joko Widodo akan mengambil 55% dari kalangan profesional dan 45% dari partai politik.

Baca Juga: Fadli Zon Sarankan Jokowi Tidak Terbebani Kader Partai Politik Saat Pilih Menteri

Menurutnya, Jokowi ebagai pemimpin negara lebih mengetahui kebutuhan dari pemerintahannya lima tahun ke repan. Sehingga, tidak ada yang perlu dijadikan masalah dari keputusan Presiden tersebut.

"Presiden sudah tahu kebutuhan pemerintahannya lima tahun ke depan, maka ia memberikan komposisi pemerintahannya lebih banyak profesionalnya. Menurut saya itu pilihan tepat," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah mengatakan sebanyak 55 persen menteri yang akan mengisi kabinet 2019-2024 berasal dari kalangan profesional. Saat ini, susunan menteri untuk periode keduanya juga telah rampung dan diperkirakan 55 dari profesional, sementara 45 dari partai politik.(Knu)

Baca Juga: Nasdem ke Parpol Non Koalisi: Jangan Harap Dapat Jatah Jabatan Menteri



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH