Wisata Indonesia
Bali, Satu Dari 4 Pilihan Wisata Indonesia untuk Menjauh dari Keramaian Bali menjadi Satu Dari empat pilihan wisata untuk menjauh dari keramaian (Foto: Unsplash/Sebastian Pena Lambarri)

DULU bepergian ke tempat ramai bukanlah menjadi suatu masalah besar. Baik dalam kegiatan sehari-hari, menonton konser, sampai pergi ke suatu destinasi wisata untuk berlibur.

Ketika kerumunan menjadi hal yang terlarang selama pandemi, kini banyak orang mencari tempat sepi untuk melepas penat dari aktivitasnya. Di tempat yang lebih sepi atau pribadi, orang bisa lebih merasa aman dan mengurangi risiko tertular virus Corona.

Baca juga:

Kebelet Liburan 'Girls'? Destinasi Wisata Indonesia Ini Aman Buat Pelancong Perempuan

Ada empat tempat wisata jauh dari keramaian untuk jadi rekomendasi berliburmu. Satu dari empat tempat wisata itu ialah Bali.

1. Bali

Bali masih menjadi pilihan favorit kebanyakan wisatawan untuk berlibur ke tempat yang sepi. (Foto: Unsplash/Timur Kozmenko)

Dilansir dari Antaranews, Selasa(15/12), Berdasarkan pencarian di salah satu biro perjalanan daring, tiket.com, pulau Bali masih menjadi pilihan tempat berlibur idaman bagi banyak masyarakat Indonesia. Pulau tersebut berada di nomor satu pencarian.

Pandemi membuat arus wisatawan asing terhenti untuk pulau Dewata yang biasanya dipenuhi turis domestik maupun mancanegara. Berbagai restoran dan hotel yang biasanya dipenuhi orang kini menjadi sepi. Pihak pengelola tempat juga harus mengikuti peraturan dalam membatasi kapasitas maksimal dari pengunjungnya.

Area Manager East Indonesia tiket.com, Rajasa Oktavio Hadisoemarto mengatakan pemesanan berbagai akomodasi di Bali paling banyak dipilih dibandingkan dengan tempat lainnya di tengah pandemi COVID-19.

"Kalau di Online Travel Agent (OTA), dilihat dari penjualan kamar, dari Bali ditutup untuk turis domestik, lalu dibuka per 1 Agustus sampai 31 November, peningkatan enam kali lipat," kata Rajasa.

Rajasa juga mengatakan pemulihan pariwisata di pulau Dewata terbilang lebih cepat dari yang diperkirakan. Saat ini, banyak orang sudah mulai berani untuk berlibur, selama penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan baik.

2. Senggigi, Lombok Barat

Senggigi bisa menjadi alternatif pilihan destinasi wisata di tempat yang lebih sepi. (Foto: Unsplash/Tandya Rachmat)

Jika kamu berpikir Bali masih relatif ramai atau akan ramai, coba pertimbangkan untuk berlibur ke pulau tetangga Bali yang kondisinya lebih sepi, tepatnya disekitar pantai Senggigi.

Berbagai penginapan yang tersedia di sana, dapat kamu jadikan pilihan untuk beristirahat setelah menikmati indahnya suasana pantai sambil bersantai dan menyantap makanan khas daerah Lombok.

Menurut General Manager Holiday Resort Lombok, I Ketut M. Jaya Kusuma, sebagian besar tamunya saat ini adalah masyarakat setempat yang ingin ber-staycation. Sehingga, jumlah turis domestik dari luar pulau Lombok terbilang tidak terlalu banyak.

Baca juga:

Pasca Liburan Panjang, Pelaku Usaha Wisata Tes Usap Masal

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan juga bisa menjadi alternatif selain Senggigi. (Foto Unsplash/Renan Brun)

Selain itu, Gili Trawangan juga bisa jadi pilihan lain untuk kamu yang ingin berlibur di tempat lebih sepi. Setelah sempat ditutup akibat pandemi COVID-19, tempat wisata di daerah Lombok Utara ini sudah mulai didatangi para wisatawan.

Polres Lombok Utara ikut turun tangan untuk mengetatkan penjagaan di pintu masuk. Petugas juga memeriksa para wisatawan yang datang demi menjaga keamanan dan keselamatan para pengunjung.

4. Sumba

Penerbangan yang terbatas membuat Sumba menjadi destinasi yang sepi untuk para pelancong. (Foto: Unsplash/Jessica Joseph)

Penerbangan ke Sumba jumlahnya lebih terbatas. Hal ini membuat jumlah pelancong yang datang ke Sumba tidak sebanyak turis di pulau Dewata. Sumba yang keindahan alamnya diperlihatkan dalam film Pendekar Tongkat Emas dan Humba Dreams bisa kamu pilih untuk menjadi destinasi wisata ke tempat lebih sepi. (kna)

Baca juga:

Menjelajah Wisata Kawah Putih di Era New Normal Bersama Travel Trip

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cuma di Negeri Aing Pesta Pernikahan Sampai Menutup Jalan
Tradisi
Cuma di Negeri Aing Pesta Pernikahan Sampai Menutup Jalan

Banyak pesta pernikahan di Indonesia yang digelar hingga menutup jalan desa bahkan jalan raya.

Hamper Kedai Kopi Mantap Djiwa Hadirkan Minuman Unik Berwarna Biru
Kuliner
Haji Darip, Jagoan dari Tanah Klender
Indonesiaku
Haji Darip, Jagoan dari Tanah Klender

Menggerakkan warga Klender dan sekitarnya melawan tentara Belanda dan sekutu setelah kemerdekaan Indonesia.

Mengintip Ragam Gaya Busana Jago Revolusi Indonesia
Indonesiaku
Mengintip Ragam Gaya Busana Jago Revolusi Indonesia

Mereka masih sangat muda, bertelanjang kaki, tak berseragam.

PPKM Diberlakukan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 50%
Travel
PPKM Diberlakukan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 50%

Penerapan PPKM sangat berpengaruh pada jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Bantul

Antara Terompet, Vespa dan Cilok Banten
Tradisi
Antara Terompet, Vespa dan Cilok Banten

Musisi jazz Banten harus kehilangan banyak pekerjaan, akibatnya mereka harus memutar otak dan merambah usaha di luar bidang mereka.

Pedes euy! Kuliner Pedas Khas Bandung
Kuliner
Pedes euy! Kuliner Pedas Khas Bandung

Kalau enggak pedas memang kurang nikmat.

Viral di TikTok, Yuk Bikin ‘Hot Chocolate Bombs’
Kuliner
Viral di TikTok, Yuk Bikin ‘Hot Chocolate Bombs’

Banyak yang terinspirasi untuk membuat camilan yang satu ini.

Lingkar Barda "Si Buta" Mandrawata Sebelum Jadi Pengelana
Indonesiaku
Lingkar Barda "Si Buta" Mandrawata Sebelum Jadi Pengelana

Seluruh anggota perguruan Elang Putih meski tidak sedarah telah menjadi keluarga bagi Barda

Super Sejuk dan Instagrammable, 5 Penginapan Rumah Bambu di Bali
Travel