Wisata Indonesia
Bali, Satu Dari 4 Pilihan Wisata Indonesia untuk Menjauh dari Keramaian Bali menjadi Satu Dari empat pilihan wisata untuk menjauh dari keramaian (Foto: Unsplash/Sebastian Pena Lambarri)

DULU bepergian ke tempat ramai bukanlah menjadi suatu masalah besar. Baik dalam kegiatan sehari-hari, menonton konser, sampai pergi ke suatu destinasi wisata untuk berlibur.

Ketika kerumunan menjadi hal yang terlarang selama pandemi, kini banyak orang mencari tempat sepi untuk melepas penat dari aktivitasnya. Di tempat yang lebih sepi atau pribadi, orang bisa lebih merasa aman dan mengurangi risiko tertular virus Corona.

Baca juga:

Kebelet Liburan 'Girls'? Destinasi Wisata Indonesia Ini Aman Buat Pelancong Perempuan

Ada empat tempat wisata jauh dari keramaian untuk jadi rekomendasi berliburmu. Satu dari empat tempat wisata itu ialah Bali.

1. Bali

Bali masih menjadi pilihan favorit kebanyakan wisatawan untuk berlibur ke tempat yang sepi. (Foto: Unsplash/Timur Kozmenko)

Dilansir dari Antaranews, Selasa(15/12), Berdasarkan pencarian di salah satu biro perjalanan daring, tiket.com, pulau Bali masih menjadi pilihan tempat berlibur idaman bagi banyak masyarakat Indonesia. Pulau tersebut berada di nomor satu pencarian.

Pandemi membuat arus wisatawan asing terhenti untuk pulau Dewata yang biasanya dipenuhi turis domestik maupun mancanegara. Berbagai restoran dan hotel yang biasanya dipenuhi orang kini menjadi sepi. Pihak pengelola tempat juga harus mengikuti peraturan dalam membatasi kapasitas maksimal dari pengunjungnya.

Area Manager East Indonesia tiket.com, Rajasa Oktavio Hadisoemarto mengatakan pemesanan berbagai akomodasi di Bali paling banyak dipilih dibandingkan dengan tempat lainnya di tengah pandemi COVID-19.

"Kalau di Online Travel Agent (OTA), dilihat dari penjualan kamar, dari Bali ditutup untuk turis domestik, lalu dibuka per 1 Agustus sampai 31 November, peningkatan enam kali lipat," kata Rajasa.

Rajasa juga mengatakan pemulihan pariwisata di pulau Dewata terbilang lebih cepat dari yang diperkirakan. Saat ini, banyak orang sudah mulai berani untuk berlibur, selama penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan baik.

2. Senggigi, Lombok Barat

Senggigi bisa menjadi alternatif pilihan destinasi wisata di tempat yang lebih sepi. (Foto: Unsplash/Tandya Rachmat)

Jika kamu berpikir Bali masih relatif ramai atau akan ramai, coba pertimbangkan untuk berlibur ke pulau tetangga Bali yang kondisinya lebih sepi, tepatnya disekitar pantai Senggigi.

Berbagai penginapan yang tersedia di sana, dapat kamu jadikan pilihan untuk beristirahat setelah menikmati indahnya suasana pantai sambil bersantai dan menyantap makanan khas daerah Lombok.

Menurut General Manager Holiday Resort Lombok, I Ketut M. Jaya Kusuma, sebagian besar tamunya saat ini adalah masyarakat setempat yang ingin ber-staycation. Sehingga, jumlah turis domestik dari luar pulau Lombok terbilang tidak terlalu banyak.

Baca juga:

Pasca Liburan Panjang, Pelaku Usaha Wisata Tes Usap Masal

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan juga bisa menjadi alternatif selain Senggigi. (Foto Unsplash/Renan Brun)

Selain itu, Gili Trawangan juga bisa jadi pilihan lain untuk kamu yang ingin berlibur di tempat lebih sepi. Setelah sempat ditutup akibat pandemi COVID-19, tempat wisata di daerah Lombok Utara ini sudah mulai didatangi para wisatawan.

Polres Lombok Utara ikut turun tangan untuk mengetatkan penjagaan di pintu masuk. Petugas juga memeriksa para wisatawan yang datang demi menjaga keamanan dan keselamatan para pengunjung.

4. Sumba

Penerbangan yang terbatas membuat Sumba menjadi destinasi yang sepi untuk para pelancong. (Foto: Unsplash/Jessica Joseph)

Penerbangan ke Sumba jumlahnya lebih terbatas. Hal ini membuat jumlah pelancong yang datang ke Sumba tidak sebanyak turis di pulau Dewata. Sumba yang keindahan alamnya diperlihatkan dalam film Pendekar Tongkat Emas dan Humba Dreams bisa kamu pilih untuk menjadi destinasi wisata ke tempat lebih sepi. (kna)

Baca juga:

Menjelajah Wisata Kawah Putih di Era New Normal Bersama Travel Trip

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kemendikbud Resmi Luncurkan Website Jalur Rempah
Kuliner
Kemendikbud Resmi Luncurkan Website Jalur Rempah

Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pengembangan dan Permanfaatan Kebudayaan secara resmi meluncurkan website Jalur Rempah

Memaknai Laksa, Semangkuk Cinta Peranakan Tionghoa-Melayu
Kuliner
Memaknai Laksa, Semangkuk Cinta Peranakan Tionghoa-Melayu

Kini menjadi kuliner yang dicari-cari.

Laksamana Mengamuk Pereda Dahaga saat Berbuka Puasa
Kuliner
Laksamana Mengamuk Pereda Dahaga saat Berbuka Puasa

Bagi warga Riau, salah satu sajian es favorit untuk berbuka puasa ialah es laksamana mengamuk.

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemda DIY Perketat Pembukaan Tempat Wisata
Travel
Kasus Covid-19 Meningkat, Pemda DIY Perketat Pembukaan Tempat Wisata

Pengelola lokasi wisata wajib mendapat rekomendasi.

Kece Banget, ini 3 Spot Instagramable di Sekitar Danau Situ Patenggang
Travel
Yogyakarta Gelar Lomba Lari Keliling Candi Berkonsep New Normal
Travel
Yogyakarta Gelar Lomba Lari Keliling Candi Berkonsep New Normal

Sleman Temple Run akan diselenggarakan Minggu, 27 September 2020.

Kupi Khop, Sajian Kopi dengan Gelas Terbalik Khas Aceh
Kuliner
Kupi Khop, Sajian Kopi dengan Gelas Terbalik Khas Aceh

Kopi yang satu ini berasal dari Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Schizzo Cafe, Ngopi Bak Negeri Dongeng di Malang
Travel
Schizzo Cafe, Ngopi Bak Negeri Dongeng di Malang

Interior kafe ini menggunakan sketsa yang begitu unik seperti di negeri dongeng.

Menelusuri Keindahan Pulau Pari Bersama Travel Trip
Travel
Menelusuri Keindahan Pulau Pari Bersama Travel Trip

Keindahan Pulau Pari siap memanjakan wisatawan di tengah pandemi.

Jajan Malam di Payakumbuh, Nikmati Martabak Mesir nan Sedap
Kuliner