Film

Bali International Film Festival Kembali Digelar

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 08 November 2021
Bali International Film Festival Kembali Digelar
Balinale akan mulai digelar pada 11-14 November. (Foto: Instagram/bali.nale)

BALI International Film Festival akan kembali digelar tahun ini, setelah sempat ditunda akibat pandemi COVID-19. Festival yang dikenal sebagai Balinale ini akan mulai digelar pada 11-14 November dengan pemutaran tatap muka secara gratis.

“Festival tahun ini sesuai dengan etos kami bahwa film lebih dari media lainnya. Menjangkau banyak penonton lokal dan internasional, imajniasi yang menarik, dan minat publik untuk menjelajahi suatu destinasi, budayanya, dan orang-orangnya,” kata pendiri dan presiden Balinale, Deborah Gabinetti, mengutip laman ANTARA, Minggu (7/11).

Gelaran ke-14 yang diselenggarakan di Bali ini akan terus menghadirkan hiburan dengan penyajian yang berkualitas dan menggugah pikiran. Dalam festival ini nantinya akan dilaksanakan pemutaran film pendek pemenang penghargaan, film layar lebar, dan film dokumenter dari Indonesia dan seluruh dunia.

Baca juga:

Membanggakan, 5 Film Indonesia Tembus Busan International FIlm Festival 2021


Metodenya akan mengikuti model pemutaran digital dan tatap muka yang telah diadopsi oleh Toronto International Film Festival dan Sundance Film Festival.

Pada festival film ini, terdapat kompetisi berjuri dengan penghargaan yang disajikan dalam beberapa kategori artistic dan teknis. Anggota juri yang terlibat di antaranya sutradara Nia Dinata, penulis dan sutradara Richard Oh, sinematografer Benny Kadarharianto, dan Anggi Frisca.

“Dengan menawarkan program tatap muka secara gratis, kami memosisikan festival untuk membantu menyambut orang-orang kembali ke Bali dan ke bioskop,” lata Deborah.

Baca juga:

5 Film Negeri Aing Mejeng di Busan International Film Festival 2021

Pihak Balinale percaya bahwa tidak ada yang bisa menandingi pengalaman teater bersama untuk memberikan apresiasi kepada ribuan jam pengerjaan dalam pembuatan film. Pemutaran film gratis terbatas akan ditayangkan di Park 23 Cinema XXI Kuta Selatan, Badung, Bali.

Filmmaker Indonesia yang terkonfirmasi datang untuk Balinale, termasuk sutradara Lasja F. Susatyo, Titien Wattimena, dan aktor Ario Bayu.

Awal tahun ini, Balinale mengumumkan pembentukan afiliasi industri baru bersama organisasi yang berkomitmen untuk menghubungkan dunia melalui film. Balinale menjadi tuan rumah Asian Film Awards Academy (AFAA) di Jakarta 5-7 November, menghadirkan beberapa film Hong Kong.

AFAA dibentuk pada 2013 di Busan, Hong Kong, dan Festival Film Tokyo untuk menyoroti industri film dan budaya Asia. (and)

Baca juga:

Film Besutan Garin Kembali Masuk Festival Film Internasional

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan