Balenciaga Akan Rilis Hoodie Terbaru, Penjualannya 100% untuk Karhutla di Australia Balenciaga rilis hoodie untuk membantu karhutla di Australia (Foto: rakuten)

KEBAKARAN hutan di Australia menyita perhatian dunia. Selain api melahap lahan pertanian, taman nasional, serta hutan, juga membakar sejumlah properti di kawasan suburban.

Di bulan Desember lalu, asap tebal memenuhi kota Sydney, begitu pula dengan Melbourne. Kualitas udara di dua kota, dan beberapa kota lain juga mencapai level berbahaya.

Baca Juga:

5 Produk Balenciaga yang Dianggap Nyeleneh

Di Australia, kebakaran hutan memang kerap terjadi. Hal itu disebakan lantaran suhu panas ekstrem. Ketika lahan mengering, sambaran petir pun dapat memicu kebakaran hebat.

Terakhir petir menyebabkan sejumlah kebakaran di negara bagian Victoria. Dikutip dari CNN, kebakaran tersebut menyebar hingga 20 kilometer dalam waktu lima jam saja.

Karhutla di Australia mengakibatkan kerugian besar hingga mengancam punahnya berbagai satwa langka (foto: pixabay/skeeze)

Selain petir, perilaku buruk manusia juga menjadi salah satu penyebab kebakaran. Kepolisian New South Wales mengungkapkan, sedikitnya ada 24 orang tertangkap menyalakan api di hutan. Selain itu, sebanyak 183 orang di tahan kepolisian karena kasus terkait api dan juga kebakaran sejak November 2019.

Kebakaran besar Australia kemudian mengundang simpati pesohor dunia dan sejumlah brand fashion kelas atas berbondong-bondong menggalang dana bantuan.

Baca Juga:

Mengintip Wig Dari Kertas yang Gegerkan Dunia Fesyen

Beberapa brand fashion tergabung dalam grup Kering, bersatu mengumpulkan dana untuk korban Karhutla di kawasan New South Wales.

Sebanyak 12 brand fashion high-end pun berhimpun mengumpulkan dana sebesar 1 juta AUD, atau sekitar Rp 9,5 miliar untuk donasi kebakaran hutan di Australia. Komposisi 12 brand high-end itu, antara lain Balenciaga, Gucci, Saint Laurent, Bottega Veneta, Alexander McQueen, Brioni, Boucheron, Pomellato, Dodo, Qeelin, Ulysse Nardin, serta Girard-Perregaux.

Setelah itu, dana terkumpul langsung diserahkan pada beberapa organisasi non-profit terpilih, namun pihak Kering tak ingin menyebutkan nama-namanya. Organisasi yang berhak menerima bantuan pun telah diseleksi oleh pakar lingkungan, serta mereka yang ahli di bidang keberlangsungan lingkungan.

Hoodie Balenciaga terbaru akan diluncurkan untuk membantu penanganan karhutla di Australia (Foto: hypebae)

Seperti dilansir dari laman Hypebae, selain sumbangan dana, Balenciaga juga akan merilis Hoodie serta kaos khusus untuk dana amal. Hasil penjualan 100% dari dua item tersebut, akan diberikan pada organisasi konservasi lokal pilihan tim ahli.

Hoodie serta T-shirt unsex itu dicetak dengan grafik koala yang sekarang populasinya tengah terancam karena kebakaran hutan di sebagian besar wilayah Australia.

T-Shirt dan hoodie Balenciaga tersebut akan tersedia secara online mulai tanggal 13 Januari 2020. (ryn)

Baca Juga:

Tahun 2020, Shafira Siap Gaungkan Sustainable Fashion

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH