Balap Motor Bikinan Polda Metro Jaya di Ancol Resmi Bergulir

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 16 Januari 2022
Balap Motor Bikinan Polda Metro Jaya di Ancol Resmi Bergulir
Area penonton balapan lurus (drag race) di Jalan Inspeksi Kali Ancol pada Jumat (14/1/2022). (ANTARA/ Abdu Faisal)

MerahPutih.com - Balap liar resmi (street race) yang dihelat Polda Metro Jaya akhirnya bergulir. Balapan digelar di Jalan Lodan Raya atau Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Polda Metro Jaya mulai menggelar balapan perdana mulai hari ini, Minggu (16/1). Polda bersama para pembalap sebelumnya telah melakukan uji coba lintasan yang memiliki panjang 1,1 kilometer.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Purnomo Yogo menjelaskan, kuota 350 pebalap sudah terpenuhi dalam ajang balap liar resmi tersebut.

Baca Juga:

Polda Metro Buka Pendaftaran 'Street Race' Ancol, Tujuh Kelas Balap Ditandingkan

Nantinya, para pembalap akan bertarung dalam beberapa kelas.

"Nantinya ada kelas matik 4 tak dan kelas 2 tak, summory, bebek 4 tak dan 2 tak. Kemudian kelas vespa juga ada. Dan nanti mereka berlomba dengan sesama kelasnya," ujar Sambodo kepada awak media di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (15/1).

Bagi warga yang ingin menonton, mesti membayar tiket masuk ke Ancol sebesar Rp 25 ribu.

Setiap peserta wajib membayar Rp 100 ribu untuk asuransi jiwa, tiket masuk ke area lokasi beserta motornya.

Sementara itu, dalam mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat adanya ajang balap liar resmi, polisi sudah menyiapkan beberapa alternatif.

"Untuk penonton yang ingin menonton dapat memasukinya melalui Ancol. Jika para penonton nanti banyak, Jalan RE Martadinata kita tutup atau kita lihat nanti ya yang terbaik," tutur Sambodo yang mengenakan baju t-shirt putih dan celana jeans ini.

Baca Juga:

Ancol Jadi Arena untuk Sirkuit Balap yang Dihelat Polda Metro Jaya

Sebelumnya, Sambodo menyebut, event yang disebut street race tersebut bukanlah sebuah kejuaraan, melainkan hanya latihan bersama.

"Nanti ada beberapa kelas dan setiap kelas diberi waktu untuk mereka atur sendiri latihannya," ucapnya.

Selain itu, komunitas balap jalanan tersebut diberi keleluasaan dalam melakukan latihan balap.

Penonton masuk lewat Ancol. Hal tersebut agar polisi dapat mengatur ketertiban dan protokol kesehatan dan dapat menggunakan akses aplikasi PeduliLindungi.

Selain Ditlantas Polda Metro Jaya, petugas gabungan dari Sabhara, Brimob, kemudian kesehatan, Damkar, Dishub, dan Satpol PP juga akan dikerahkan untuk mengamankan acara tersebut. (Knu)

Baca Juga:

Polda Metro Gelar Lomba Balap Motor Januari 2022

#Polda Metro Jaya #Pantai Ancol
Bagikan
Bagikan