Balada Anak Mulai Jenuh Berada di Rumah, "Kapan Situasi Ini Berakhir?" Hibur anak saat harus ada di rumah terus (Sumber: UNICEF)

"MAH, kapan situasi ini berakhir?" tutur seorang anak yang jenuh harus terus berada di rumah selama pandemi corona. Mereka mulai bosan harus terus berada di rumah, rindu ingin bermain dengan teman-temannya, dan ingin eksplorasi luar ruangan.

Berada di situasi tak menentu seperti saat ini, para orang tua tentu merasa bingung dan serba salah. Di satu sisi, tidak tahu kapan pandemi ini berakhir. Di sisi lain, mereka tak ingin jika jawaban yang diberikan membuat anaknya merasa kecewa.

BACA JUGA:

Menjaga Keuangan Tetap Aman di Masa Pandemi COVID-19

Hibur anak
Hibur anak saat pandemi corona (Sumber: CHOC Children)

Praktisi pendidikan dan pakar parenting, Najeela Shihab pun berbagi cara untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan bijaksana. "Tidak apa-apa jika kita menjawab tidak tahu. Kadangkala, yang dibutuhkan anak bukan jawaban melainkan empati kita sebagai orang tua," ujarnya di PINTalk Online: #YangPentingBelajar di Rumah: Memaksimalkan Produktivitas Anak dan Keluarga, Kamis (16/4).

Bentuk empati yang diberikan bisa beragam. Beberapa respon yang bisa diberikan misalnya, 'kamu pasti sudah bosan ya?' 'Sabar itu susah ya', dan lain sebagainya. Ceritakan pengalaman berada di rumah selama pandemi corona dari sudut pandang kita. "Jelaskan bahwa kita juga merasa bosan hanya di rumah tidak bisa bertemu teman-teman. Pekerjaan kita pun terhambat karena terus berada di rumah," urainya.

BACA JUGA:

Fakta Unik Tentang Kencan Online di Tengah Wabah Corona

Hibur anak
Anak mulai bosan di rumah (Sumber: Insider)

Ella, demikian ia disapa menuturkan bahwa saat anak bertanya hal demikian, mereka hanya ingin mengekspresikan kecemasan mereka. Yang dibutuhkan oleh mereka berupa validasi dari orang tuanya. Yakinkan mereka bahwa semua akan baik-baik saja. "Ajak mereka untuk berdoa bersama agar semua ini mereda," tuturnya.

"Intinya, jangan marah kalau anak bertanya terus," cetus Ela tertawa. Lebih lanjut Ella berharap jika semua bentuk empati dan perilaku yang dibawa orang tua ke anak di masa pandemi ini juga menjadi reflektif yang tepat bagi para orang tua.

Baca juga:

Kontribusi Diskopantera Lewat Musik Di Tengah Pandemi Virus Corona

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH