Bakuchiol dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 29 November 2023
Bakuchiol dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit
Manfaat biji tumbuhan Psoralea corylifolia untuk kecantikan. (Foto: lifestyleasia)

DUNIA perawatan kulit yang terus berkembang, dan bakuichol telah menjadi bintang terbaru yang menarik perhatian para pecinta kecantikan. Sebagai alternatif alami untuk retinol, Bakuchiol tidak hanya menjanjikan hasil yang mengesankan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan kulit.

Seperti dikabarkan Alodokter, bakuchiol mungkin masih amat asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, Bakuichol memiliki kandungan yang baik terutama pada kulit sensitif. Bakuichol merupakan ekstrak biji dan daun dari tumbuhan psoralea corylifolia atau babchi.

Tumbuhan yang berasal dari India ini dikenal dengan bunganya yang berwara ungu dan kerap menjadi alternatif penggunaan retinol pada kulit wajah. Retinol adalah jenis retinoid yang dapat mencegah penuaan dini, tetapi bahan ini banyak yang menganggap keras dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Baca juga:

5 Manfaat Baik Minyak Mawar untuk Tubuh

Kandungannya membuat wajah kamu awet muda. (Foto: Pexels/Neva Szpigel)

Sementara itu, bakuichol memiliki manfaat yang serupa dengan retinol, tetapi tidak menyebabkan eritema, sensasi terbakar, dan pedih pada area kulit wajah. Sehingga dianggap lebih aman digunakan.

Bakuchiol bisa kamu temukan dalam bentuk serum atau sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit yang biasa dijual di pasaran. Berkat kandungan antioksidan dan antimikroba yang ada pada bakuchiol, ekstrak biji ini memiliki beberapa manfaat, seperti.

Pertama, membuat wajah lebih awet muda. Manfaat bakuchiol yang paling dikenal adalah membuat wajah tampak awet muda, studi menunjukkan bahwa bakuchiol dapat meminimalkan keriput dan garis halus pada kulit wajah. Selain itu, bakuchiol juga meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit wajah tetap kencang dan tampak awet muda.

Berikutnya, memudarkan bintik hitam. hiperpigmentasi ditandai dengan bercak kulit berwarna gelap dari kulit sekitarnya. Kondisi ini terjadi ketika paparan sinar matahari memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak pigmen alami kulit. Kabarnya, bakuchiol dianggap dapat memudarkan bintik hitam ini, berkat kandungan antioksidan dan kemampuan bakuchiol dalam menghambat proses produksi melanin.

Baca juga:

Tip Memutihkan Wajah untuk Pria, Mudah dan Efektif

Bakuchiol juga dapat menguatkan skin barrier. (Foto: Pexels/Angela Roma)

Ketiga, merawat kulit berjerawat. Jerawat jadi masalah kulit yang umum terjadi dialami. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya menggunakan bakuchiol. Ada studi yang menunjukkan bahwa bakuchiol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan, yang dapat mengurangi jerawat ringan hingga sedang.

Terakhir, memperkuat lapisan kulit paling luar. Skin barrier memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari paparan jenis racun, debu, sekaligus menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Jika lapisan tersebut rusak, kulit akan menjadi kering dan rentan mengalami peradangan.

Menggunakan produk dengan kandungan bakuchiol, terbukti dapat memperkuat skin barrier. Hal ini disebabkan perpaduan bakuchiol, melatonin, dan ascorbyl tetraisopalmitate mampu meningkatkan fungsi skin barrier dan menghidrasi kulit. (zvw)

Baca juga:

Ladies, ini nih Manfaat Sleeping Mask untuk Kulit Wajah

#Kesehatan #Kesehatan Kulit #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan