Baking Soda dan Baking Powder Sama?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 16 Mei 2017
Baking Soda dan Baking Powder Sama?
Meskipun sama-sama bahan pengembang kue, namun baking soda dan baking powder ternyata berbeda (Foto: alaresto)

Bagi yang suka memasak, apalagi urusan membuat kue, pasti tahu apa itu baking soda dan baking powder. Bahan tambahan untuk membuat kue ini selalu digunakan saat membuat adonan kue. Namun, banyak yang bertanya akan perbedaannya. Secara kasat terlihat sama, bahkan orang akan berpikiran bahwa kedua bahan tersebut adalah sama, hanya beda penyebutan.

Namun, tentu saja baking soda dan baking powder adalah dua bahan yang berbeda. Sebenarnya, baik baking soda maupun baking powder sama-sama dapat mengembangkan kue. Akan tetapi, penggunaan kedua bahan ini berbeda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Baking Soda

Selain untuk membuat kue, baking soda juga biasa digunakan untuk hal lain, seperti bahan kecantikan dan pembersih barang. Murni terbuat dari sodium bikarbonat, baking soda juga dikenal dengan nama soda kue. Senyawa yang ada pada sodium bikarbonat hanya bereaksi pada bahan yang memiliki sifat asam seperti susu, coklat, mentega, dan telur.

Dengan kalimat lain, pengembangan kue hanya dapat terlihat ketika proses pengocokan adonan. Namun, gunakan baking soda pada kue sesuai takaran dan kebutuhan, karena jika berlebih akan membuat rasa kue berubah, bahkan seperti logam.

Baking Powder

Meskipun sama-sama terbuat dari sodium bikarbonat, baking powder juga terbuat dari bahan pengering (pati). Sifat asam pada baking powder pun lebih sedikit dibandingkan baking soda. Maka dari itu, proses pengembangan kue tidak akan terlihat pada saat pengadukan adonan.

Baking powder hanya bereaksi pada suhu panas seperti dalam oven. Sehingga, kue yang diberi baking powder akan terlihat mengembang pada saat proses pemanggangan. Takaran baking powder yang berlebih tidak akan mengubah rasa kue. Hanya, Anda tetap harus menggunakan bahan ini sesuai takaran agar proses pengembangan sempurna.

Itulah sedikit penjelasan mengenai baking soda dan baking powder. Keduanya memang digunakan agar bisa membuat kue mengembang. Perbedaannya hanya dari kandungan bahan dan proses pengembangan. Keduanya dapat digunakan saat mencampur bahan adonan kue. Jumlah takaran tergantung dari jenis kue yang ingin Anda buat.

Baca juga artikel Cara Alami Menghilangkan Cat Rambut dengan Baking Soda.

#Roti Dan Bakery #Kue Kering #Baking Soda #Baking Powder #Kue
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan