Bakal Jadi Duchess, Meghan Markle Pakai Tiara atau Enggak? Pangeran Harry dan Meghan Markel. (foto: twitter @RoyalKensington)

KERAJAAN Inggris kembali akan menggelar pesta pernikahan akbar. Pada 19 Mei, Pangeran Harry akan menikahi tunangannya, Meghan Markle. Pasangan tersebut akan melangsungkan pesta pernikahan di Istana Windsor.

Mengingat yang menikah ialah seorang pangeran dari kerajaan besar, segala sesuatu terkait dengan persiapan pernikahan itu pasti menarik perhatian. Sejak rencana pernikahan itu diumumkan, publik heboh mengikuti persiapan hajatan akbar itu. Mulai dari siapa saja yang diundang, kue pernikahan, gaun pernikahan, hingga yang teranyar ialah tentang penggunaan tiara.

Publik heboh berspekulasi apakah Markle akan mengenakan tiara atau tidak. Sebagai perbandingan terdekat, Duchess of Cambridge, Kate Middleton, mengenakan Halo Tiara buatan Cartier. Perhiasan amat cantik itu dipinjamkan oleh Ratu Elizabeth II kepada Middleton untuk upacara pernikahannya dengan Pangeran William.

Ratu Elizabeth memang dikenal sebagai pengoleksi perhiasan mewah. Koleksi perhiasannya bahkan bisa dikatakan sebagai yang paling indah dan eksklusif. Tak lupa juga dikerjakan pembuat pehiasan ternama.

Jika tradisi 'meminjamkan' tiara tetap dilakukan sang Ratu, amat mungkin Markle akan memakai salah satu perhiasan indah itu. Meskipun demikian, Markle tak mungkin akan mengenakan tiara yang sama dengan Middleton. Oleh karena itu, banyak yang berspekulasi bahwa Markle akan memakai Spencer Tiara yang dulu dikenakan Lady Diana.

Tak hanya spekulasi pada satu tiara, ada beberapa tebakan publik tentang tiara yang akan dikenakan Markle Sabtu besok. Apa saja ya? Yuk, cari tahu.


Tiara Spencer

spencer tiara
Tiara Spencer dikenakan Putri Diana. (foto: tiaramania)

Tak sedikit publik yang berspekulasi bahwa aktris AS itu akan mengenakan tiara yang sama dengan Lady Diana. Hal itu dipicu dengan dua berlian yang terdapat di cincin pertunangan mereka. Berlian itu diambil dari bros milik Lady Di. Selain itu, mengenakan tiara yang sama dengan mendiang ibu Pangeran Harry juga merupakan cara lain untuk mengenang warisan yang ditinggalkan Diana.

Jika biasanya tiara keluarga kerajaan diambil dari tempat penyimpanan perhiasan kerajaan, tiara yang dikenakan Diana berasal dari keluarganya. People melaporkan bahwa keluarga Putri Diana punya keturunan yang amat jauh sejak periode Tudor. Saat ini, tiara itu disimpan saudara Diana, Earl. Markle bisa saja meminjam perhiasan cantik itu jika ia memang memilih untuk mengenakannya.

The Strathmore Rose Tiara

the strathmore tiara
Strathmore Rose Tiara dijagokan akan dipilih Markle. (foto: pinterest)



Selain Spencer Tiara, perhiasan lain yang dijagokan ialah Strathmore Rose Tiara. Marie Claire melansir tiara model ini merupakan jagoan para pakar kerajaan. Mungkin motif floral tidak selalu penting dalam pernikahan, tapi jelas sekali motif bunga sedang tren saat ini.

Tiara berbentuk rangkaian bunga itu dibuat pada abad ke-19. Perhiasan itu merupakan hadiah pernikahan yang diberikan orangtua Ibu Suri, Ratu Elizabeth I, kepadanya. Ibu Suri kemudian memberikan tiara itu kepada anaknya, Ratu Elizabeth II.

Jika Markle memilih tiara itu untuk dikenakan saat pernikahannya, itu akan jadi kali pertama di masa modern ini perhiasan itu dikenakan di acara publik. Terlebih, Markle amat mungkin akan mengenakan tiara itu dalam jangka waktu yang cukup lama, terutama dalam penampilannya sebagai Duchess.

Poltimore Tiara

tiara poltimore
Tiara Poltimore milik Putri Margaret. (foto: tiaramania)

Saat menikah dengan Lord Snowdon di 1960, Putri Margaret mendapatkan tiaranya sendiri. Namanya Poltimore Tiara. Dibuat oleh Garrard, tiara itu berisikan taburan berlian yang dilekatkan dengan emas dan perak.

Harga yang dikenakan ketika dilelang hingga jatuh ke tangan Putri Margaret ialah 5.000 pound sterling atau sekitar Rp 95 juta. Namun, ketika dilelang pada 2006, tiara itu terjual seharga 926.400 pound sterling atau sekitar Rp 17,6 miliar.

The Cambridge Lover's Knot Tiara

tiara cambridge lover's knot
Tiara Cambridge Lover's Knot favorit Putri Diana. (foto: theroyaldigest)


Tiara satu ini sering muncul dipakai di publik. Putri Diana tampaknya amat menyukai perhiasan satu ini. Begitu juga dengan Kate Middleton. Ia bahkan tampak beberapa kali mengenakan tiara bernama Cambridge Lover's Knot ini.

Awalnya, tiara indah ini dibuat Garrard untuk Ratu Mary, lalu diturunkan ke Ratu Elizabeth hingga akhirnya diberikan ke Putri Diana. Marie Claire melaporkan bentuk indah tiara satu ini merupakan replika dari tiara milik nenek Ratu Mary, yakni Putri Augusta dari Hesse, Duchess of Cambridge.

Karena perhiasan itu memang berasal dari kepemilikan oleh Duchess of Cambridge, sah-sah saja jika perhiasan itu menjadi miliknya. Meskipun demikian, demi alasan sentimental, mungkin saja Markle akan meminta izin dari calon kakak iparnya dan sang Ratu untuk mengenakan tiara itu saat berjalan di altar.

The Lotus Flower Tiara

tiara lotus flower
The Lotus Flower Tiara yang kini jadi koleksi Duchess of Cambridge. (foto: pinterest)



Perhiasan kepala ini awalnya merupakan milik Ibu Suri. Tiara ini terbuat dari kalung yang dihadiahkan suami Ibu Suri. Kini, tiara ini ada dalam koleksi busana Duchess of Cambridge. Marie Claire menyebut tampilan tiara yang cukup trendi amat mungkin akan jadi alasan Markle memilihnya.

Meskipun demikian pilihan untuk memakai tiara ini berarti lebih pada alasan tampilannya yang trendi ketimbang nilai sentimentalnya.


The Cartier Bandeau Tiara

Cartier Bandeau Tiara
Tiara unik berbentuk gelang dalam frame bando. (foto: theroyalorderofsartorialsplendor)



Berbeda dengan tiara yang pada umumnya berdiri di atas kepala, tiara Cartier Bandeau ini berbentuk seperti rangkaian perhiasan gelang dalam frame bando.

Seperti dilaporkan Town and Country, tiara ini awalnya merupakan milik Ibu Suri. Kini, perhiasan ini tersimpan di koleksi kerjaan.


The Cartier Halo Tiara

tiara cartier halo
Tiara Cartier Halo yang dikenakan Duchess of Cambridge. (foto: fromhermajestysjewelvault)

Pada 1936, George VI menugasi Cartier membuat tiara ini. Tatler melaporkan tiara ini diberikan kepada Ratu Elizabeth sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-18. Sejak saat itu, ia telah meminjamkan tiara ini kepada Putri Margaret, Anne, dan yang terbaru kepada Duchess of Cambridge.

Meskipun awalnya banyak yang mengira Markle akan mengenakan tiara ini, faktanya perhiasan ini tengah dipinjamkan. Ya, tiara ini dikabarkan akan dikirim ke Australia untuk dipamerkan di National Gallery of Australia for Cartier: The Exhibition pada 30 Mei-22 Juni.

Tiara Costum

Pangeran Harry membuat khusus cincin pertunangannya dari pembuat perhiasan David Thomas dari Cleave and Company. Dengan begitu, amat mungkin pasangan ini akan membuat tiara sendiri juga. Membuat tiara sendiri berarti membuat Markle memiliki perhiasan yang bisa ia wariskan kepada generasi di keluarganya. Selain itu, ia tentunya akan membuat style statement sendiri.

Tanpa Tiara

Spekulasi terakhir yang beredar ialah Markle akan berjalan ke altar tanpa tiara. Meskipun ia akan menikahi Pangeran Harry dan menjadi Duchess, bukan berarti Markle harus mengenakan tiara. "Aku tak melihatnya sebagai orang dengan tiara. Mereka merupakan tipe pasangan yang berbeda. Aku kira akan memilih amat personal dengan pilihan mereka," ujar Bruce Russell, perencana pernikahan asal Inggris, seperti dilansir Harper's Bazaar.

Memang, Pangeran Harry dan Meghan Markle dikenal sebagai pasangan yang doyan 'membengkokkan' aturan. Jadi tidak mengenakan tiara pada hari pernikahan nanti bisa jadi cara mereka untuk membuat pernyataan bahwa mereka punya gaya tersendiri.

Jadi, menurut kamu, apakah Markle bakal pakai tiara?(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH