Bakal Buka Perdana, Umat di Luar Katedral Diminta Tak Ikut Misa Kepolisian mengecek langsung protokol kesehatan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Gereja Paroki Katedral Jakarta dipastikan bakal buka perdana di masa transisi menuju new normal. Nantinya, misa berlangsung Minggu (12/7) pukul 09.00 dan misa harian pukul 18.00 WIB.

Pembukaan ini berdasarkan SK Tim Gugus Tugas Covid-19 KAJ, No: 352/5.14.4.29/2020, tgl: 10 Juli 2020.

Baca Juga:

Gereja Katedral Jakarta Direncanakan Buka Kembali 5 Juli

"Hanya berlaku untuk warga Katedral yang tercatat dalam data BIDUK Paroki," kata Kepala Pastor Paroki Katedral Romo Hani Rudi SJ dalam keteranganya Jumat (10/7).

Umat yang ingin menghadiri misa wajib memenuhi syarat yang ditentukan. Misalnya sehat jasmani, usia 18-59 tahun, dan didaftarkan melalui ketua lingkungan masing-masing sesuai kebijakan Paroki Katedral Jakarta.

"Untuk sementara, mohon maaf, umat luar paroki Katedral dipersilahkan mengikuti misa di gereja paroki masing-masing,'' ungkap Rudi.

Aparat gabungan TNI dan Polri melakukan pembersihan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat (MP/Kanugraha)
Aparat gabungan TNI dan Polri melakukan pembersihan disinfektan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat (MP/Kanugrahan)

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) sudah mengeluarkan surat keputusan bagi Paroki Katedral, Harapan Indah dan Tangerang untuk mulai menyelenggarakan misa Minggu dengan jumlah umat terbatas.

Ketiga paroki ini sudah menjalankan prosedur pengajuan izin sesuai dengan arahan KAJ dan sudah dilakukan pengeceka ke lokasi untuk kesiapannya.

"Diharapkan informasi ini tidak menjadi hal yang membuat paroki lain merasa harus terburu-buru membuka gereja," kata Sekjen KAJ Rm Adi Prasojo.

Baca Juga:

Katedral dan Sejumlah Gereja Lain Buka Kegiatan Peribadatan 12 Juli Mendatang

Adi menjelaskan, izin akan diberikan oleh KAJ kepada paroki dengan mempertimbangkan persiapan matang. Seperti jumlah umat yang bisa ditangani dengan baik dan dalam kondisi sehat, serta telah memenuhi kondisi yang disebutkan di pedoman umum dari KAJ.

"Proses pendaftaran untuk misa Minggu, misa harian dan sakramen harus menggunakan website Belarasa dari KAJ, sesuai dengan petunjuk dari paroki yang sudah berkoordinasi dengan KAJ," ungkap Adi.

Adi menegaskan, paroki yang sudah mendapatkan izin akan tetap dievaluasi dan ditinjau secara kontinu, dalam rangka memastikan gereja menerima umatnya mengikuti Misa dengan aman dan nyaman. (Knu)

Baca Juga:

Gereja Katedral Belum Adakan Misa, Ini Alasannya


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH