Baju Polantas Akan Diganti, Dilengkapi Bodycam Terintegrasi Tilang Elektronik

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 27 September 2022
Baju Polantas Akan Diganti, Dilengkapi Bodycam Terintegrasi Tilang Elektronik
Ilustrasi - Pembatasan mobilitas dari arah Tangerang menuju Jakarta saat hari pertama pelaksanaan PPKM Darurat di wilayah Kalideres, Jakarta, Sabtu, (3/7/2021). (Foto: MP/ Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memperbarui pakaian dinas lapangan (PDL).

Langkah ini sebagai upaya penyesuaian seragam dan membantu masyarakat sekaligus melindungi petugas yang berada di lapangan.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan, pakaian dinas polisi lalu lintas (polantas) rencananya akan dilengkapi dengan body camera atau bodycam.

Baca Juga:

Waspada, Ada 73 Titik Baru di Jakarta Dipasang Kamera Tilang

“Untuk penggunaan seragam lalu lintas yang rencananya akan ada bodycam, teknis nanti akan diinformasikan apa sudah digunakan atau belum,” ujar Nurul saat dihubungi wartawan, Selasa (27/9).

Menurut dia, bodycam yang berada di pakaian dinas polantas nantinya akan digunakan personel saat melaksanakan tugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Unit Turjawali).

Bahkan, bodycam tersebut juga nantinya akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“(Bodycam) akan terintegrasi dengan ETLE atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas. Sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya,” sebutnya.

Baca Juga:

Cegah Penyalahgunaan Wewenang Polisi, Tilang Manual Bakal Dihapuskan di Jakarta

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menuturkan, seragam PDL dirancang minimalis untuk memudahkan polisi lalu lintas bergerak nyaman dan sigap dalam mobilitas penanganan kecelakaan di jalan raya.

Korlantas juga mengganti warna strip merah menjadi putih pada mobil operasional Polantas. Warna putih menyala dipilih Korlantas, mobil petugas bisa terlihat dari jarak cukup jauh.

"Dengan warna yang lebih menyala, pada cuaca buruk atau malam pun bisa memudahkan masyarakat,” katanya. (Knu)

Baca Juga:

Tilang Elektronik Kini Berlaku di Seluruh Indonesia

#Korlantas #Polri
Bagikan
Bagikan