Baim Wong Resmi Batalkan Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week Baim Wong resmi mencabut pendaftaran HAKI untuk Citayam Fashion Week. (Foto: merahputih.com/Yudi Anugrah Nugroho)

AKTOR Baim Wong akhirnya memutuskan untuk membatalkan pendaftaran Citayam Fashion Week (CFW) sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), menyusul banyaknya kritik yang dilayangkan dari berbagai pihak.

Dalam konferensi pers yang digelar di kantor Tiger Wong, Selasa (26/7), Baim mengatakan dirinya merasa lega jika memang harus melepaskan HAKI CFW mengingat beban berat yang akan ia emban jika merek tersebut tetap berada di bawah naungannya.

Setelah melepaskan CFW, Baim berharap agar tetap ada pihak yang menggerakkan inisiatif dan kreasi anak muda Sudirman Citayam, Bojonggede, dan Depok (SCBD) tersebut.

"Kalaupun harus melepaskan, saya senang banget. Cuma tolong ada yang menggerakkan setelah ini, siapa pun, pemerintah atau figur publik. Yuk, gerakkan. Jangan sampai hilang begitu saja karena movement ini besar sekali buat fashion Indonesia," kata Baim.

Baca juga:

Rebutan Merek Citayam Fashion Week

Konferensi pers pencabutan pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week. (Foto: merahputih.com/Yudi Anugrah Nugroho)

Sebelumnya, Baim Wong melalui PT Tiger Wong Entertainment sempat mengajukan permohonan hak kekayaan intelektual Citayam Fashion Week melalui Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham pada klasifikasi merek kelas 41 dengan kode kelas barang atau jasa.

Ditemani istrinya, Paula Verhoven, Bonge dan Willie Salim sebagai perwakilan dari anak muda SCBD, serta seorang konsultan HAKI, Baim menandatangani Surat Permohonan Penarikan Kembali Permohonan Baru di hadapan awak media.

Pada kesempatan yang sama, Baim meminta maaf karena langkah yang ia upayakan telah menimbulkan polemik. Ia menyadari terdapat kekurangan pada caranya berkomunikasi sehingga menuai kontroversi.

Ia juga menegaskan kembali bahwa semula pihaknya hanya ingin menjembatani dan mewadahi kreasi anak muda SCBD yang digawangi oleh Bonge dan kawan-kawan. "Niatannya itu benar-benar ingin menjadikan ini wadah untuk mereka semua," tutur Baim.

Baca juga:

Ternyata, Ada 4 Pihak yang Daftarkan Merek Citayam Fashion Week

Paula menambahkan dirinya hanya ingin turut membantu memajukan semangat anak-anak muda untuk berkreasi dan mengeksplorasi mode sesuai keinginan mereka masing-masing. Ia mengatakan pihaknya juga tidak ingin membuat opini yang meresahkan publik dan berterima kasih atas teguran yang sudah disampaikan oleh publik.

Menurut Paula, pendaftaran HAKI CFW sebenarnya memiliki visi dan tujuan jangka panjang untuk mengembangkan minat dan bakat anak muda SCBD. Pendaftaran HAKI dilakukan karena dirinya tergerak oleh kreasi anak muda itu yang telah menciptakan fenomena mode.

Bonge dan Willie sebagai perwakian anak muda SCBD. (Foto: merahputih.com/Yudi Anugrah Nugroho)

Di sisi lain, Baim juga menilai bahwa bidang fashion biasanya hanya bersifat eksklusif atau dimiliki oleh kalangan tertentu saja, terutama hanya berpusat di kota besar. "Jarang sekali orang dari menengah ke bawah itu menikmati fesyen dan tiba-tiba sekarang kita menikmati semua, beragam macam orang di satu tempat dan mereka menikmati semuanya,"ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Willie, yang mewakili Bonge, mengklarifikasi asumsi yang beredar bahwa uang tersebut diberikan khusus kepada Bonge. Willie menegaskan bahwa uang tersebut mulanya akan digunakan untuk mewujudkan rencana acara fashion week.

“Bonge sepeser pun nggak ada nerima uang dari kak Paula atau kak Baim. Jadi waktu kak Paula datang, kak Paula ngajakin Bonge buat bikin Citayam Fashion Week, fashion show. Uang 500 juta itu hadiah buat pemenangnya, bukan buat Bonge sama sekali,” kata selebritas TikTok itu. (*)

Baca juga:

Tanggapan Baim Wong Soal Daftar Citayam Fashion Week ke PDKI

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Siasat Hemat Bujet Makanan di Konser
Fun
Siasat Hemat Bujet Makanan di Konser

Mahalnya harga makanan di tempat konser bisa disiasati.

Hankook Resmi Jadi Pemasok Ban Formula E 2023
Fun
Hankook Resmi Jadi Pemasok Ban Formula E 2023

Hankook secara resmi mengumumkan produk ban balap terbaru Hankook iON di hadapan perwakilan Formula E.

Gara-Gara Adegan Ciuman, 'Lightyear' Ditolak 14 Negara
ShowBiz
Gara-Gara Adegan Ciuman, 'Lightyear' Ditolak 14 Negara

Di 14 negara Timur Tengah dan Asia.

4 Zodiak ini Sangat Menyebalkan
Fun
4 Zodiak ini Sangat Menyebalkan

Keempat zodiak ini memang sangat menjengkelkan.

CEO Ubisoft Relakan Potong Gaji hingga Rp4,8 milyar Imbas Masalah Finansial
Fun
CEO Ubisoft Relakan Potong Gaji hingga Rp4,8 milyar Imbas Masalah Finansial

Penjualan dan nilai saham menurun, membuat Ubisoft kesulitan.

Rahasia Kulit Tetap Sehat Setiap Hari
Fun
Rahasia Kulit Tetap Sehat Setiap Hari

Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan setiap hari agar kulitmu tetap sehat.

Diumumkan 'Full Lineup' SHVR Ground Festival 2019
ShowBiz
Diumumkan 'Full Lineup' SHVR Ground Festival 2019

Sejumlah nama-nama besar tampil di #SGF2019 salah satunya ialah penyanyi sekaligus bintang film Hollywood, Hailee Steinfeld.

Cara Menghindari Blind Spot Bagi Pengendara Sepeda Motor
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Menghindari Blind Spot Bagi Pengendara Sepeda Motor

Ada tips menghindari blind spot bagi pengendara sepeda motor. Penggunaan spion sangat penting dilakukan.

3 Keunggulan Fitur AI Cinemagraph di HUAWEI P50 Pro
Fun
3 Keunggulan Fitur AI Cinemagraph di HUAWEI P50 Pro

HUAWEI P50 Pro hadirkan pengalaman fotografi yang berbeda.

Adam Peter Ceritakan Beratnya Perpisahan di 'Lost Without You'
ShowBiz
Adam Peter Ceritakan Beratnya Perpisahan di 'Lost Without You'

Single Lost Without You melanjutkan perjalanan musik Adam Peter.