Teknologi

Baidu Mulai Operasikan Taksi Otonom

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 01 Mei 2021
Baidu Mulai Operasikan Taksi Otonom
Baidu akan operasikan taksi otonom di awal bulan Mei 2021 (Foto: Baidu)

SALAH satu raksasa teknologi asal Tiongkok, Baidu, sangat percaya diri dengan teknologi mobil tanpa sopir yang dikembangkannya.

Baidu mengumumkan, layanan taksi otonom bernama Apollo Go tersebut, sudah bisa mengantar penumpang. Kabarnya taksi otonom (Tanpa sopir) akan tersedia di jalan-jalan kota Beijing mulai 2 Mei.

Baca Juga:

Mengintip Fitur Unggulan Daihatsu Rocky

Apollo Go merupakan layanan robotaxi berbayar pertama yang tersedia di Tiongkok(Foto: iotautomotivenews)

Seperti yang dilansir dari laman ZDNet, Apollo Go merupakan layanan robotaxi berbayar pertama yang tersedia di Tiongkok.

Awalnya, layanan Apollo Go akan tersedia di Shougang Park, salah tempat untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Peruntukan awal robotaxi tersebut untuk mengantar penumpang, agar bisa melakukan perjalanan antar ruang olahraga, kedai kopi, area kerja, hotel, hingga untuk antar jemput atlet hingga staf pada olimpiade 2022 mendatang.

Untuk menggunakan aplikasi Apollo Go, penumpang bisa menemukan taksi tanpa sopir di sekitarnya, kemudian memesan melalui proses layanan mandiri.

Ketika mobil tersebut tiba, si pengguna akan diminta untuk memindai QR Code dan kode kesehatan pada mobil, guna mengindentifikasi verifikasi serta pelacakan kontak COVID-19 sebelum pintu membuka. Kemudian, setelah penumpang naik, para penumpang hanya tinggal menekan tombol mulai perjalanan.

Baca Juga:

DFSK Pamerkan Mobil Listrik Segmen Komersial di IIMS Hybrid 2021

Bicara soal keselamatan, Baidu menegaskan, sebelum perjalanan dimulai, sistem akan melewati seluruh pemeriksaan protokol keselamatan penumpang.

Sistem keamanan dan keselamatan Apollo Go sudah diuji coba sebelumnya (foto: pandaily)

Selain itu, sistem juga memastikan semua sabuk pengaman dikencangkan serta pintu ditutup. Kemudian, operator manusia juga bisa mengakses kendaraan dari jarak jauh, lewat jaringan 5G bila terjadi keadaan darurat.

Menurut President Autonomous Driving Technology Baidu, Yunpeng Wang, memperkenalkan layanan tak berawak merupakan tahap yang sangat diperlukan untuk komersialisasi mengemudi otonom. Karena itu, pihak Baidu membuka layanan robotaxi tanpa pengemudi sepenuhnya di Beijiung untuk umum.

Langkah tersebut tak begitu saja bisa dilakukan, karena sebelumnya Baidu sudah melakukan sejumlah tes tanpa pengemudi terukur di banyak kota, dalam jangka waktu yang lama. (Ryn)

Baca Juga:

Toyota Vellfire Hingga Fortuner VRZ Akan Dilelang Di IIMS 2021

#Mobil #Teknologi Modern
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan