Bahlil Lahadalia Ingin jadi Ketum, Waketum Golkar: Dia Tak Punya KTA

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 26 Juli 2023
Bahlil Lahadalia Ingin jadi Ketum, Waketum Golkar: Dia Tak Punya KTA
Melchias Markus Mekeng. Foto : Sofyan/Man

MerahPutih.com - Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku siap mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

Namun, keinginan Bahlil menduduki kursi Ketua Umum sepertinya akan sulit terealisasi. Pasalnya, Waketum Golkar Melchias Markus Mekeng menyebut Bahlil tidak memiliki Karta Tanda Anggota (KTA) Partai Golkar.

Baca Juga

Bamsoet Ungkap Nasib Airlangga sebagai Ketum Golkar Ada di Tangan Kader

Oleh karena itu, Bahlil bakal sulit mencalonkan diri sebagai Ketum Golkar melalui mekanisme Munas atau Munaslub.

"Dia (Bahlil) nggak punya KTA, KTA yang sudah diperbarui sesuai dengan sipol," kata Mekeng kepada wartawan, Rabu (26/7).

Lebih lanjut Mekeng mengungkapkan ketika dilantik menjadi menteri pada 2019 lalu, Bahlil juga sempat mengaku tidak lagi berstatus kader Golkar.

"Kan 2019 waktu diangkat jadi menteri kan dia bilang dia enggak menjadi di Golkar 10 tahun lalu, jadi dari 2009 dia sudah enggak di Golkar," ungkapnya.

Baca Juga

Menteri Bahlil Siap jadi Ketum Golkar, Ngabalin: Jangan Mimpi!

Mekeng menganggap sah-sah saja apabila Bahlil masih mengaku kader Golkar. Namun, dapat dipastikan bahwa pengakuan Bahlil hanya klaim sepihak karena tidak memiliki KTA.

Mekeng juga tak mempermasalahkan munculnya sejumlah nama yang diisukan bakal menggeser Airlangga Hartarto dari jabatan Ketum Golkar.

Adapun nama-nama tersebut, yakni Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Namun, Mekeng tak menampik bahwa isu Munaslub dan munculnya nama-nama pengganti Airlangga akan mengganggu konsolidasi partai menjelang Pemilu 2024.

"Iya boleh saja, saya juga munculin nama saya, saya mau calon Ketum, saya sekarang sudah Waketum. Kenapa enggak bisa (jadi ketum) soal track record saya punya, tapi apakah pantas sekarang dalam keadaan yang kita lagi konsolidasi muncul nama-nama itu, bikin pusing orang di bawah saja," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Bamsoet Ungkap akan Maju Jadi Ketum Golkar Tahun Depan

#Partai Golkar #Bahlil Lahadalia #Airlangga Hartarto
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan