Bahayanya April Mop untuk Kesehatan Mental

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 01 April 2019
Bahayanya April Mop untuk Kesehatan Mental
April Mop sangat berbahaya untuk kesehatan mental (Foto: the fire.org)

MUNGKIN kebanyakan orang menganggap April Mop alias April Fools Day ialah momen untuk melucu. Di tanggal 1 April siapapun bisa berkata bohong, tapi si 'korban' enggak boleh marah-marah. Lucu sih lucu. Tapi lelucon April Mop ini bisa kelewatan. Paling buruknya bisa merenggut nyawa seseorang.

Contoh gampangnya kalau kamu ingin melakukan prank ke teman kamu. Dengan cara kamu membuatnya kaget sambil mengenakan riasan wajah yang menyeramkan. Teman kamu tentu akan kaget. Tapi saking terkejutnya, bisa saja dia mengalami serangan jantung.

Bisa juga karena saking terkejutnya. Ia berusaha kabur dari kamu. Tapi saat kabur ia pun melewati jalan raya tanpa menoleh ke kanan atau kiri. Karena saking panik, enggak menutup kemungkinan ia akan tertabrak mobil di jalan raya. Intinya April Mop berbahaya.

1. Berita benar bisa dianggap hoax

Hoax
Orang bisa jadi mengabaikan berita benar (Foto: Pixabay/geralt)

Karena April Mop. Berita benar bisa dianggap bohong atau bahasa kerennya hoax. Contohnya saat kejadian Tsunami pada tanggal 1 April 2008 silam di Hawaii. Kabar tersebut tadinya dianggap hoax karena terjadi pada April Mop. Alhasil banyak orang yang mengabaikannya. Padahal di hari tersebut Tsunami benar-benar melanda Hawaii. 165 orang meninggal dalam peristiwa itu.

2. Membuat orang terkena gangguan cemas

Rasa cemas berlebihan akan mengganggu kesehatan mental dan fisik (Foto: Pixabay/AbsolutVision)

Merangkum dari berbagai sumber. Berita bohong yang diterima seseorang saat April Mop. Dapat membuat seseorang menderita gangguan cemas. Rasa cemas mereka akan berlebihan. Sehingga mereka bisa terkena gangguan kesehatan emosional dan psikologis. Kalau sudah begini kondisi fisik maupun mental seseorang dapat berpengaruh.

Baca juga: Meskipun Sehat, Jangan Coba-Coba Mengonsumsi Makanan Ini Di Malam Hari

Tanda-tanda orang terkena gangguan cemas beragam. Dari mengeluarkan keringat berlebih, mengalami nyeri di dada, hingga sesak napas. Mengatasinya mudah, cukup menenangkan diri dan melakukan aktivitas menyenangkan. Tapi kalau sudah terlalu parah. Tentu kamu akan memerlukan obat-obatan.

3. Seseorang bisa emosi berlebihan

Saat emosi enggak stabil seseorang bisa menyakiti diri sendiri (Foto: Pexels/moosephotos)

Mungkin kalau kamu orangnya santai. Kamu akan merasa biasa saja jika terkena 'jebakan' April Mop. Tapi sudah sewajarnya. Jika orang lain bahkan kamu. Merasa marah jika mendapatkan kabar bohong. Kamu pun bisa menjadi emosi.

Seseorang yang mudah marah. Biasanya memiliki tingkat toleransi yang rendah saat mengalami tekanan. Enggak mengherankan jika orang tersebut nantinya bisa frustasi. Mereka akan merasa enggak senang terhadap perlakuan April Mop yang mereka terima.

Saat emosi seseorang enggak stabil. Sebenarnya jiwa mereka juga sudah terganggu. Gangguan ini akan membuat mereka memiliki pemikiran buruk. Misalnya mereka jadi ingin menyakiti orang lain bahkan diri sendiri. Yang paling parah, akan terlintas juga di pikiran mereka untuk bunuh diri. Fungsi kognitif juga bisa terkena imbasnya.

Sahabat Merah Putih. Bahaya banget ya dampak dari April Mop? Lagipula memang enggak ada baiknya bukan kalau kamu berkata bohong. Entah itu bercanda ataupun sengaja. Yuk jangan bertindak keterlaluan di tanggal 1 April ini. (ikh)

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan