Kesehatan
Bahaya Mengintai di Balik Konsumsi Antibiotik Bahaya dibalik konsumsi antibiotik. (Foto: Pexels/Tanya Nova)

PENGGUNAAN antibiotik yang tidak sesuai dengan rekomendasi dokter merupakan salah satu penyumbangterbesar angka resistensi antimikroba (AMR) di dunia kesehatan. Salah satu dampak buruk kondisi tersebut adalah sulitnya penyembuhan penyakit. Lamanya proses penyembuhan akan berdampak pula pada tingginya biaya kesehatan.

Menurut penelitian dari European Observatory on Health Systems and Policies. bahwa rata-rata biaya perawatan yang dikeluarkan oleh pasien yang non-resistan terhadap bakteri escherichia coli adalah sebesar USD 10 ribu Dollar AS atau sekitar Rp 149 juta.

Sedangkan bagi pasien yang resistan, nilainya bertambah sebanyak USD 6 ribu Dollar atau Rp 86 juta. Meliputi biaya perawatan, diagnosa, obat-obatan, dan layanan pendukung lainnya.

Baca juga:

Resistensi Antibiotik, Efek Samping Kebiasaan Minum Obat Tanpa Resep

obat
Konsumsi antibiotik berlebihan. (Foto: Pexels/mart production)

AMR menjadi satu dari 10 ancaman kesehatan global yang paling berbahaya di dunia. Sayangnya meski cukup bahaya, angka konsumsi antibiotik justru mengalami peningkatan. Berdasarkan data WHO, penggunaan antibiotik meningkat 91 persen secara global dan meningkat 165 persen di negara berkembang pada periode 2000-2015.

Prof. dr. Tri Wibawa, PhD, SpMK(K), Guru Besar FKKMK Universitas Gadjah Mada, mengungkapkan faktor pendorong tingginya penggunaan antibiotik di Indonesia.

"Antibiotik dipercaya sebagai obat yang manjur untuk segala jenis penyakit mulai dari demam sampai nyeri sendi dan dapat dibeli di apotek, toko obat, bahkan warung yang tersebar di seluruh Indonesia," sebutnya.

Masyarakat seringkali membeli obat 'sembarangan' sebagai bentuk pertolongan pertama pada penyakit ringan karena letaknya yang strategis, terpercaya, dapat diperoleh pada malam hari, dan memberikan akses yang mudah kepada obat-obatan esensial seperti antibiotik. Tapi, obat-obat tersebut seringkali dijual tanpa resep.

"Pasien menganggap bahwa pengobatan mandiri dengan membeli obat di apotek atau toko obat lebih mudah dan hemat biaya. Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat permintaan antibiotik sangat tinggi. Di sisi lain, antibotik dapat dibeli dengan mudah, sehingga dapat menjadi pemicu berkembangannya antimicrobialresistance (AMR) di Indonesia,” urainya.

Dengan meningkatnya angka penggunaan antibiotik, Prof. dr. Agus Suwandono, MPH., Dr.PH. selaku Koordinator Indonesia One Health University Network (INDOHUN) mengatakan, selama 15 tahun terakhir penggunaan antibiotik meningkat sampai 91% secara global dan di negara berkembang sendiri meningkat hingga 165%.

"Peningkatan tajam ini membuat AMR masuk ke dalam 10 ancaman kesehatan global paling berbahaya di dunia dan perlu ditangani dengan baik. Dalam menangani kejadian AMR, prinsip pendekatan one health, yakni koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi perlu dilakukan oleh seluruh pihak," urainya.

Baca juga:

Kontroversi Ivermectin, Obat Keras yang Disebut Bisa Sembuhkan COVID-19

obat
Konsumsi obat berlebihan. (Foto: Pexels/mart production)

“Banyaknya penjualan antibiotik tanpa resep yang kerap terjadi di Indonesia merupakan salah faktor pemicu AMR," tutur Dr. dr. Harry Parathon, Sp.OG(K), Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) RI Periode 2014-2021.

Ia menambahkan, peraturan mengenai penjualan obat antibiotik diatur dalam UU Obat Keras tahun 1949, disebutkan bahwa yang berwenang untuk meresepkan obat antibiotik hanyalah Dokter, Dokter Gigi, dan Dokter Hewan.

"UU Obat keras tersebut menyatakan bahwa obat keras adalah obat-obatan yang tidak digunakan untuk keperluan teknis, mempunyai khasiat mengobati, menguatkan, mendesinfeksikan tubuh manusia, baik dalam bungkusan maupun tidak," jelasnya.

Untuk mengatasi tidak terkendalinya konsumsi antibiotik, Tri Wibawa menyebutkan ada berbagai hal yang bisa dilakukan. Penguatan implementasi regulasi merupakan salah satu cara untuk mengendalikan peredaran antibotik di masyarakat yang dapat berlaku sebagai pemicu resistensi antibiotik.

Namun, hal ini saja tidak cukup untuk menyelesaikan keseluruhan masalah resistensi antimikroba. Pendekatan multi aspek perlu dilakukan untuk menyelesaikan persoalan ini, dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang menjadi pendorong praktik penjualan antibotik tanpa resep.

Misalnya, motivasi untuk memaksimalkan keuntungan dari toko-toko obat, tingginya permintaan antibiotik dari pelanggan, dan dorongan dari pemilik untuk bersaing dengan toko lainnya. (avia)

Baca juga:

Obat Antidepresan Generik Bantu Kurangi Keparahan COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lagu ‘Sang Pengasih’ Karya Opick Dinyanyikan Aldiv
ShowBiz
Lagu ‘Sang Pengasih’ Karya Opick Dinyanyikan Aldiv

Penyanyi muda Aldiv tersentuh dengan isi lagu 'Sang Pencipta'.

Ketika Banyak Musisi Absen dari Grammy Awards 2021
ShowBiz
NFT Lukisan Karya Ridwan Kamil Laku Terjual Rp 45,9 Juta
Fun
NFT Lukisan Karya Ridwan Kamil Laku Terjual Rp 45,9 Juta

Pengusaha bernama Lanang Cikal Narendra membeli NFT lukisan Ridwan Kamil.

Indische Party Berdansa Kembali Lewat Single ‘The Highest Stars’
ShowBiz
Indische Party Berdansa Kembali Lewat Single ‘The Highest Stars’

The Highest Stars merepresentasikan kehadiran Kubil Idris sebagai gitaris baru dari Indische Party.

Pentingnya Pemulihan Ekonomi Ramah Lingkungan Saat Pandemi
Fun
Pentingnya Pemulihan Ekonomi Ramah Lingkungan Saat Pandemi

Diperlukan upaya-upaya pemulihan yang ramah lingkungan.

Tetap Stylish Saat Idul Adha Meski PPKM Darurat
Fashion
Tetap Stylish Saat Idul Adha Meski PPKM Darurat

Walaupun hanya sekadar foto keluarga.

Mengungkap Fungsi 'Tersembunyi' Busi Motor
Fun
Mengungkap Fungsi 'Tersembunyi' Busi Motor

Menelusur fungsi tersmbunyi dibalik Busi motor serta cara kerjanya

Memoar Ungkap Hubungan Penuh Teror antara Will Smith dan Ayahnya
ShowBiz
Memoar Ungkap Hubungan Penuh Teror antara Will Smith dan Ayahnya

Smith menggambarkan ayahnya sebagai seorang pria dengan dualitas.

Gaharnya Moto Guzzi New V7 Stone dan V85 TT Travel
Fun
Gaharnya Moto Guzzi New V7 Stone dan V85 TT Travel

Moto Guzzi dirancang melibas aspal.

Cara Sederhana Membuat Rumah Terlihat Mewah
Fun
Cara Sederhana Membuat Rumah Terlihat Mewah

Bikin rumah terlihat mewah dengan cara sederhana.