Otomotif

Bahaya, Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Tak Boleh Sama

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 15 Desember 2020
Bahaya, Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Tak Boleh Sama
Perhatikan ukuran ban motor. (Foto: Pexels/Giorgio de Angelis)

SANGAT penting memperhatikan ukuran ban sepeda motor. Belakangan ini, banyak pengguna motor yang menggunakan ukuran ban depan dan belakang sama. Hal ini dikarenakan sepeda motor dengan ukuran ban sama terlihat keren.

Misalnya untuk motor matik dengan pelek ring 14 inci, mereka menggunakan ban berukuran 80/80 untuk depan dan belakang. Atau menggunakan ukuran 90/80 di belakang dan depan.

Baca juga:

Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini

Nah, ukuran ban motor depan dan belakang sejatinya tidak boleh sama. Hal ini akan membahayakan kamu dalam berkendara. Ada efek yang akan kamu rasakan saat ukuran ban motor kamu sama.

Setiap bagian ban sepeda motor memiliki fungsi masing-masing. (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

Melansir KABAROTO, Head of Promotion PT Banteng Pratama Rubber (BPR), produsen ban Mizzle di Indonesia, Freddy Yohannes mengatakan ban motor harusnya beda ukuran antara depan dan belakang. Normalnya, ban untuk matik 80/80 depan dan 80/90 belakang.

Menurut Freddy, baik ban depan maupun belakang sepeda motor memiliki fungsi masing-masing. Jika ukurannya pas, pengendara akan sangat nyaman berkendara di jalanan.

"Ban depan itu fungsinya mempermudah dalam mengendalikan atau manuver," terang Freddy kepada KabarOto.com. Sementara itu, ban belakang harus lebih besar karena memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan.

Baca juga:

Ban Kempis Salah Pelek?

Riding menggunakan sepeda motor dengan ukuran ban depan dan belakang yang sama kata Freddy akan sangat sulit. "Kalau ukurannya sama pasti dalam pengendalian motor akan lebih berat, sudah dikendalikan, bahaya," tegas Freddy.

Tidak perlu menyamakan ukuran ban sepeda motor. (Foto: Pexels/Rachel Claire)

Ia mengingatkan, memiliki ukuran ban sepeda motor sama tidak ada untungnya. Kecuali hanya sekadar untuk bergaya, itu kembali lagi ke selera setiap orang.

Namun, beda jika digunakan untuk balapan, baik itu di sirkuit permanen atau dadakan. Tidak perlu yang banyak ukuran. "Khususnya buat bebek atau matik ukuran CC kecil," paparnya.

Ukuran pelek yang pembalap pakai juga standar, 140 untuk depan dan 160 belakang. Maka menurut dia, ukuran ban yang dipakai balap sama yaitu 90/80 (baik ring 14/17). "Ini karena bobot mereka yang sudah cukup untuk ban ukuran segitu," jelasnya. (ikh)

Baca juga:

Biar Cutting Sticker Awet, Jangan Dilap!

#Sepeda Motor #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan