Meminjam Alat Makeup Bisa Sebarkan Penyakit Lo Bahaya Meminjam Alat Makeup, bisa jadi tempat bakteri menular. (foto: pixabay/kinkate)

SAAT berdadan bersama teman, sesekali kamu pasti tergoda ingin mencoba lipstik terbaru punya teman. Kelihatannya remeh ya, tapi ternyata meminjam alat makeup bisa jadi amat berbahaya.

Dikutip Go-Dok, berbagi alat makeup dapat menyebarkan infeksi kulit hingga menyebabkan penyakit seperti herpes dan blood-borne seperti HIV. Menakutkan bukan?

Berikut jenis makeup yang tidak boleh dipinjamkan.

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Masalah Pada Kulit

1. Makeup Mata, Risiko Peradangan pada Selaput Mata

Kosmetik mata
Kosmetik mata yang dipinjamkan bisa menyebabkan infeksi. (Foto: pixabay/skeeze)


Menurut Downie, seorang ahli dermatologis, berbagi kosmetik, terutama maskara, eyeshadow, dan eyeliner dapat mengakibatkan infeksi pada mata. Terlebih bagi kamu pengguna lensa kontak, kebiasaan meminjamkan alat makeup mata dapat dengan mudah menyimpan bakteri dari makeup mata tersebut.


2. Lipstik yang Dipinjamkan Bisa Menularkan herpes

Lipstik
Lipstik bisa menularkan herpes.(foto: pixabay/silviarita)

Setiap perempuan pastinya gemar mengganti warna lipstik mereka. Tak mengherankan jika perempuan memiliki koleksi jenis makeup yang satu ini. Agar makin beragam, tak jarang perempuan berbagi dengan teman. Namun, tanpa disadari, kegiatan itu ternyata dapat berakibat buruk pada kesehatan bibir karena dapat tertularnya virus herpes simplex tipe 1.

Menurut ahli dermatologis Larry Beatty, kondisi infeksi tersebut dapat melekat seumur hidup. Jadi sebaiknya jangan berbagi lipstik ya.

Baca Juga : Wajib Tahu Nih, Lipstik Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatan


3. Infeksi Kulit akibat Meminjamkan Kuas Makeup

kuas makeup

Jangan pinjamkan kuas makeup. (foto: pixabay/free-photos)

Bagi pengguna makeup, kuas merupakan alat yang sering digunakan untuk tampilan lebih flawless dan efisien dalam penggunaan produk. Namun, hati-hati bakteri gemar bersembunyi di sela-sela bulu-bulu kuas, terlebih kalau kamu enggak langsung membersihkannya dengan benar.
Jika kamu gemar meminjamkan atau dipinjami kuas makeup yang kotor, hal tersebut sama saja dengan berbagi bakteri pada muka. Efeknya akan makin parah jika kamu memiliki kulit yang sensitif atau berjerawat.


4. Bahaya HIV dari Meminjamkan Alat Cukur Wajah

Alat cukur
Alat cukur malah berpotensi menyebar virus HIV. (foto: pixabay/kropekk_pl)


HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Cara penyaluran penyakit bisa terjadi melalui kontak darah/luka yang tercemar HIV. Alat cukur wajah mempunyai risiko yang cukup tinggi 'melukai sang pemakainya' hingga berdarah. Nah, apabila orang yang kamu ajak berbagi makeup menderita penyakit HIV, amat mungkin virus itu akan menular kepada kamu, si pemilik alat cukur wajah.

Wah, enggak sangka kan kegiatan yang terkesan tanpa risiko ternyata malah membahayakan kesehatan. Mulai saat ini, gunakan selalu alat makeup sendiri ya.(*)

Baca Juga : Apa itu Primer Makeup? Kenali Jenis dan Cara Menggunakannya



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH