Bahaya Dibalik Cantiknya Lensa Kontak Berwarna

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Selasa, 06 Januari 2015
Bahaya Dibalik Cantiknya Lensa Kontak Berwarna
Bahaya pemakaian lensa kontak

MerahPutih  Kesehatan - Setiap hari, lebih dari satu pemakai lensa kontak di Singapura berakhir dengan infeksi kornea. Kebanyakan kasus yang terjadi tergolong ringan namun ada juga kasus yang begitu buruk dan membutuhkan pertolongan bahkan  transplantasi .

“Pada tahun 2013 saja, sektor public telah mensurvey bahwa ada 531 orang yang terkena infeksi kornea, 362 orang diantaranya disebabkan oleh lensa kontak”  ujar Profesor Donald Tan, seorang dokter mata senior di Singapore National Eye Centre (SNEC).

Tidak diketahui berapa banyak yang terkena infeksi kornea yang dirawat di sektor swasta. Lensa berwarna harus lebih diperhatikan dalam pemakaiannya, karena lensa kontak berwarna dapat  menyebabkan 92 infeksi pada kornea mata.

Prof Tan mengatakan dokter mata di SNEC banyak mendengar masalah yang ditimbulkan karena pemakaian lensa kontak. Salah satunya karena lensa berkualitas rendah dibeli melalui Internet, pewarna bocor keluar dari lensa ke dalam mata, dan anak-anak yang bertukar lensa, mereka telah memakai dan mencoba warna yang berbeda.

 Lensa berwarna tidak mengandung bahan yang aman tetapi banyak mengandung kosmetik. Sebuah studi selama setahun di Singapura dilakukan dari akhir 2012 sampai awal tahun lalu di delapan wilayah Asia mentotalkan lebih dari 6.500 terkena infeksi mata.

Di antaranya adalah negara Singapura yang memiliki infeksi kornea yang disebabkan oleh pemakaian  lensa kontak paling tinggi yaitu mencapai 68%, diikuti oleh Taiwan yaitu sekitar setengah 34%. Dan menurut angka industri, sekitar 200.000 orang di Singapura memakai lensa kontak.

#Infeksi Kornea #Kornea Mata
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan