Bahaya Benzena dalam Produk Sampo yang Dilarang Amerika Unilever telah menarik sejumlah produk sampo kering aerosol karena potensi adanya benzena, bahan kimia yang menyebabkan kanker. (freepik/lookstudio)

PERUSAHAAN Unilever telah menarik sejumlah produk sampo kering aerosol Dove hingga TRESemme karena potensi adanya benzena, bahan kimia yang menyebabkan kanker. Melansir pemberitaan CNN.com, Selasa (25/10), produk-produk yang diduga tercemar zat tersebut diproduksi sebelum Oktober 2021 dan didistribusikan di pengecer nasional.

Badan pengawas obat dan makanan (FDA) menyebutkan beberapa produk-produk seperti Dove Dry Shampoo Volume and Fullness, Dove Dry Shampoo Kelapa Segar, Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist dan Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive.

Baca Juga:

Infeksi Kulit Kepala Buat Rambut Jadi Rontok

shampo
Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit, dan dapat menyebabkan kanker. (freepik/anastasiakazakova)

FDA juga menyatakan konsumen harus berhenti menggunakan produk sampo kering aerosol yang terkena dampak dan mengunjungi UnileverRecall.com untuk instruksi tentang cara menerima penggantian untuk produk yang memenuhi syarat.

Mengingat berbahayanya kandungan benzena tersebut, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan POM, Reni Indriani menyatakan produk sampo kering aerosol Dove hingga TRESemme di Amerika Serikat (AS) yang ditarik oleh Unilever tidak terdaftar di Indonesia.

Namun, Reni juga memastikan bahwa pengawasan terhadap produk-produk yang beredar terus dilakukan oleh Badan POM. "Kami terus melakukan pengawasan terhadap produk yang beredar dan melakukan audit secara komprehensif," jelasnya dipesan singkat pada Merah Putih.

Pada tahun lalu, Procter & Gamble (P&G) menarik lebih dari 30 produk perawatan rambut semprot aerosol, termasuk banyak sampo kering dan kondisioner kering, memperingatkan bahwa produk tersebut dapat mengandung benzena. P&G juga mengeluarkan penarikan serupa untuk lebih dari selusin deodoran dan semprotan aerosol Old Spice dan Secret. P&G memperingatkan bahwa produk tersebut juga dapat mengandung benzena.

Selain itu, perusahaan kosmetik L'Oréal, bersama dengan beberapa pihak lainnya, sedang digugat atas klaim bahwa produk pelurus rambut kimia menempatkan wanita pada peningkatan risiko kanker rahim.

Baca Juga:

BPA Lebih Berbahaya daripada Kandungan Etilena Glikol di Kemasan Air Minum PET

shampo
BPOM menyatakan produk sampo kering yang ditarik oleh Unilever tidak ada atau terdaftar di Indonesia. (freepik/ASphotofamily)

Benzena adalah karsinogen manusia. Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit, dan dapat menyebabkan kanker termasuk leukemia dan kanker darah, menurut pemberitahuan penarikan.

Mengutip buku Kimia Anorganik karya Nuryono menyebutkan bahwa penggunaan utama benzena adalah sebagai prekursor pabrikasi bahan kimia dengan struktur yang lebih kompleks, seperti etilbenzena dan kumena. Ada 20% produksi benzena digunakan untuk membuat kumena yang diperlukan pada produksi fenol dan aseton untuk resin dan lem.

Sikloheksana memakan sekitar 10% dari produksi benzena dunia; terutama digunakan dalam pabrikasi serat nilon, yang diproses menjadi tekstil dan plastik teknik. Sejumlah kecil benzena digunakan untuk membuat beberapa jenis karet, pelumas, pewarna, detergen, obat, bahan peledak, dan pestisida.

Benzena diklasifikasikan sebagai karsinogen, yang meningkatkan risiko kanker dan penyakit lainnya dan juga merupakan penyebab utama kegagalan sumsum tulang. Sejumlah besar data epidemiologis, klinis, dan laboratorium, menghubungkan benzena dengan anemia aplastik, leukemia akut, kelainan sumsum tulang, dan penyakit kardiovaskular.

Keganasan hematologis spesifik yang dikaitkan dengan benzena meliputi leukemia myeloid akut (AML), anemia aplastik, sindrom mielodisplastik (MDS), leukemia limfoblastik akut (ALL), dan leukemia myeloid kronis (CML). (DGS)

Baca Juga:

Obat Tercemar EG dan DEG Bertambah, Bagaimana Memilih Obat Demam yang Aman?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Money Heist: Korea - Joint Economic Area' Mejeng di Peringkat Pertama Netflix
ShowBiz
Pentingnya Mengedukasi Para Ibu Tentang Ancaman Hepatitis Misterius dan Cacar Monyet
Hiburan & Gaya Hidup
Pentingnya Mengedukasi Para Ibu Tentang Ancaman Hepatitis Misterius dan Cacar Monyet

Penyakit Hepatitis misterius hingga kini belum diketahui secara pasti penyebabnya

5 Langkah Jitu untuk Recharge Sistem Keamanan pada Akun Telegram
Fun
6 Drama Lee Jong-Suk yang Wajib Kamu Tonton
Fun
6 Drama Lee Jong-Suk yang Wajib Kamu Tonton

Penampilan Lee Jong-suk sangat memukau di sejumlah drama Korea.

Mitos Seputar Kehamilan yang Harus Dihentikan
Fun
Mitos Seputar Kehamilan yang Harus Dihentikan

Banyak orang terutama dari lingkungan keluarga yang ingin ikut campur ketika kamu hamil.

AntsLive Rilis Debut EP 'Just A Matter of Time'
ShowBiz
Tips Atasi Rasa Nyeri pada Tulang Belakang dan Area Lutut
Fun
Tips Atasi Rasa Nyeri pada Tulang Belakang dan Area Lutut

Rasa nyeri bisa diatasi sendiri di rumah atau melalui bantuan medis.

Penelitian: Kekurangan Vitamin D Membuat Kondisi Pasien COVID-19 Lebih Parah
Fun
Penelitian: Kekurangan Vitamin D Membuat Kondisi Pasien COVID-19 Lebih Parah

Studi ini didasarkan pada data dari dua gelombang pertama virus corona Israel sebelum vaksin tersedia secara luas.

Kampanye Seru 'Glow In The Dark' Bersama Beauty Collaboration
Fun
Kampanye Seru 'Glow In The Dark' Bersama Beauty Collaboration

Ada berbagai kegiatan seru mulai dari challenge hingga virtual event.

Musica Studio Hadirkan Album 'Sabda Alam' Chrisye dalam Bentuk Vinyl
ShowBiz
Musica Studio Hadirkan Album 'Sabda Alam' Chrisye dalam Bentuk Vinyl

Album tersebut dibuat dalam rangka mengenang 15 tahun kepergian Chrisye.