Bahasa Master Yoda Berakar di Hawaii Master Yoda. (Foto: dailymail)

PROFESOR linguistik, David Adger dari Queen Mary University of London, menyebutkan kalau Master Yoda berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa keduanya. Bahasa ibu dari Yoda adalah Hawaii.

Adger yang jadi 'detektif bahasa' itu menguak rahasia dari karakter paling misterius dalam Star Wars. Adger menemukannya dengan sebaris kalimat, seperti 'Luke is strong with the Force' sesuai dengan kaidah bahasa Inggris. Sedangkan Yoda menyebutkan; 'Strong Luke is with the Force!'.

Dengan demikian Adger menyebutkan Yoda berhubungan dengan kawasan tropikal. Bahasa yang sudah ada 900 tahun sebelum filmnya dipublikasikan. Struktur kebahasaannya sangat berbeda dengan bahasa Inggris. Logika bahasa yang hanya dipahami oleh Yoda.

Yoda, si Master Jedi ini memang sedikit mengeluarkan bahasanya sendiri. Ia selalu berbahasa Inggris. Padahal mahluk-mahluk lainnya, sebut saja Chewbacca selalu berkomunikasi dengan bahasanya sendiri. Hanya Hans Solo yang dapat mengerti bahasa itu.

George Lucas pun tidak pernah menyebutkan asal planet Master Jedi ini. Semua mahluk pada Star Wars memiliki kejelasan asal-usulnya, hal ini menambah kemisteriusan Yoda.

Yodish, demikian Adger menyebut bahasa yang sebenarnya masih menjadi misteri bahasa Yoda. Lucas memang menjaga Yoda tetap menjadi misteri dalam film Star Wars.

Adger mengatakan bahwa penulis naskahnya mengerti betul tentang bahasa, makanya struktur bahasa Yoda agak berbeda dengan struktur bahasa Inggris. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH