Bahasa Made In Negeri Aing Tuan Rumah di Negeri Orang Pedagang Arab mahir berbahasa Indonesia untuk menarik pembeli kebanyakan jemaah haji. (Unsplash-Asim Z Kodappana)

"Baju Syahrini!! Baju Syahrini!! Indonesia, bagus," demikian pekik pedagang-pedagang di sekitar Masjid Nabawi, Madinah.

Jangan panik dan hilang orientasi menyangka sedang berada di Pasar Tanah Abang. Lihat baik-baik pedagangnya. Tak nampak potongan orang Indonesia kan. Bahkan, jangan kaget lagi bila mereka teriak Saiful Jamil.

Jangan sedih kawan! Bukan cuma Syahrini bisa go international. Saiful Jamil pun jadi bintang di Arab Saudi. Di kalangan pedagang sekitar Masjid Nabawi, Syahrini dan Saiful Jamil jadi mantra agar pembeli notabene jemaah haji atau umroh asal Indonesia melirik, mampir, lalu belanja.

Baca juga:

Balada Fans K-Pop Tergila-Gila Sendal Jepit Swallow Made In Negeri Aing

Para pedagang di sekitar Masjid Nabawi paham betul strategi pengusaan bahasa konsumennya agar tertarik datang berbincang singkat sampai akhirnya berbelanja. Hal apa saja sedang viral di Indonesia, sudah pasti para pedagang tersebut ketahui, lalu diterapkan jadi gimik.

Di sisi lain, para konsumen merasa jadi dekat dan beroleh apresiasi besar ketika pedagang asal Arab bisa bahkan tahu konteks humor orang Indonesia. Begitulah bahasa mempengaruhi daya tarik manusia.

Haji
Jamaah asal Indonesia menjadi yang terbanyak di Arab Saudi (Foto: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

Belum cukup? Masih ada Wali ternyata ngehit abis di Vietnam. Coba telusuri tempat-tempat makan di Ho Chi-minh. Kalo lagi beruntung, tentu akan menemukan penjual Pho (makanan khas Vietnam) lagi asyik mendengarkan lagu Wali!

"Ibu ibu.. Bapak bapak.. bilang bilang akuuu..." suara Faang akan menemani malam syahdu ketika asyik menyeruput kuah Pho. Penjualnya pun kadang ikutan nyanyi. Mereka lancar bernyanyi satu lagu.

Baca juga:

Barang Made in Negeri Aing Naik Kasta di Luar Negeri

Sialnya, udah jauh-jauh bervakansi ke Vietnam, malah berasa kayak lagi makan mi instan di warkop Klender. Bahkan, para pedagang tidak akan segan-segan mengajak berbincang jika mereka tahu kamu satu negara dengan Apoy dan kawan-kawan.

"Ohh Jakarta!!!! Dekat Bandung? Bandung... Wali," ujar mereka dengan Bahasa Indonesia terbatas. Meski tebatas, sudah pasti pelancong asal Negeri Aing sangat menghormati pedagang asal Vietnam saat menggunakan bahasa Indonesia.

pho
Menyantap pho di Vietnam ditenami lagu Wali. (Unsplash-Anh Nguyen)

Masih belum cukup? Idola grup Korea, Super Junior malah bertindak lebih jauh. Meski sudah populer dengan nama panggung masing-masing, mereka rela mengubah namanya jadi nama Indonesia banget. Nama-nama familiar di kuping orang Indonesua atau bahkan nama kayak gebetan waktu SD. Misalnya, Siwon tiba-tiba berubah nama jadi Mas Agung, Donghae berubah jadi Dimas, Kyuhyun jadi Hotman, Leeteuk berubah nama jadi Kadir dan lain-lain.

Ada apa gerangan sehingga mereka rela belajar Bahasa Indonesia?

Di saat orang-orang Negeri Aing menjalani hidup biasa-biasa aja di Indonesia (rebahan, scrolling Instagram, joget Tik-Tok dan lain-lain), orang-orang di belahan dunia lain sedang tekun banget belajar Bahasa Indonesia. Bahkan di saat Keminggris hingga muncul istilah Bahasa Jaksel biasa code mixing antara Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, ternyata masih banyak wargan negara asing gigih banget belajar Bahasa Indonesia.

Serius lo? Yap! Bahasa Indonesia ternyata duduk di peringkat kesembilan dengan penutur terbanyak di dunia! Bahasa ini bahkan menjadi bahasa prioritas di Vietnam. Sama pentingnya dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Prancis di negeri Paman Ho.

super junior
Pada ganti nama, udah bikin bubur merah putih belom ngab? (Sumber: YouTube/SUPER JUNIOR)

Lalu apa sih faktor utama orang-orang sebegitu effort-nya belajar Bahasa Indonesia? Layaknya Bangsa Belanda (dan bangsa asing lainnya) ketika pertama datang ke Indonesia, motif utama tentu saja ekonomi! Cuan! Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi sangat baik sebelum pandemi. Bahkan dibandingkan ekonomi negara lain mulai lesu, Indonesia masih berjaya.

Pertumbuhan ekonomi ciamik tersebut rupanya diimbangi juga dengan behavior konsumen di Indonesia. Baik masyarakat ekonomi kelas menengah atau kelas atas sama-sama hobi belanja bak sultan! Kamu inget Bu Dendi pernah viral karena nebar-nebar uang? Nah! Ada banyak Bu Dendi-Bu Dendi lainnya di seantero Indonesia.

Selain itu Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan masyarakat overproud terbanyak. Enggak terhitung lagi berapa banyak orang asing mendadak viral karena fasih Bahasa Indonesia. Sebut aja Korea Reomit, orang Korea medhoookkk, atau Han Yoo-ra si Eonni cetarr mendadak jadi idola baru hanya karena mereka begitu fasih dalam Bahasa Indonesia!

Lalu apakah kaitan antara pertumbuhan ekonomi, kebiasaan belanja bak sultan dan bahasa Indonesia?

super junior
Leeteuk rela berubah nama jadi Kadir.(Sumber: YouTube/SUPER JUNIOR)

Mereka "memainkan" sisi mudah bangganya orang Indonesia demi cuan! Caranya? Ya, cukup bisa Berbahasa Indonesia dan mempraktikkannya ke depan calon konsumen Indonesia. Ketika nasionalisme orang Indonesia mulai tergugah, mereka enggak akan ragu untuk mengeluarkan isi dompetnya dan mulai belanja bak sultan!

Orang Indonesia juga mudah bikin bonding dengan suatu negara sesuai dengan dirinya. Misalnya Kpopers akan suka ke Korea untuk berkunjung ke agensi idolanya. Nah, banyaknya jumlah jamaah penggemar Kpop di Korea Selatan dipandang sebagai ladang bisnis menjanjikan untuk mereka. Enggak heran jika bahasa Indonesia jadi tuan rumah di negeri orang.

Lagian literally anak jaman now pada enggak mau nasionalis banget, which is bahasa Indonesia kan kayak keren aja apalagi basically kita harus proud enggak sih. (Avia)

Baca juga:

Balada Fans K-Pop Tergila-Gila Sendal Jepit Swallow Made In Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Inggris Kalah, Ekspresi Pangeran George Jadi Sorotan
ShowBiz
Inggris Kalah, Ekspresi Pangeran George Jadi Sorotan

Pangeran George mewakili perasaan para penggemar Inggris.

Cuaca Panas Sebabkan Lonjakan DBD dan Virus Baru West Nile
Hiburan & Gaya Hidup
Cuaca Panas Sebabkan Lonjakan DBD dan Virus Baru West Nile

Banyak yang sulit membedakan gejala DBD dan beberapa gejala COVID-19.

Terminator Versi Animasi Segera Hadir di Netflix
Fun
Terminator Versi Animasi Segera Hadir di Netflix

Belum tahu kapan rilisnya karena masih tahap awal.

700 Data Pengguna Linkedin Bocor
Hiburan & Gaya Hidup
700 Data Pengguna Linkedin Bocor

Kebobolan data yang dialami Linkedin mencapai lebih dari 92 persen.

Mengenal 'Alutsista Tiup' Rusia, Perangkat Militer Penipu Musuh
Fun
Mengenal 'Alutsista Tiup' Rusia, Perangkat Militer Penipu Musuh

Rusia membuat alutsista yang lebih murah 100 kali.

Ketika Swafoto Kalah Dari Mukbang
Hiburan & Gaya Hidup
Ketika Swafoto Kalah Dari Mukbang

Menjijikkan sekaligus memesona.

Perjuangan Penyintas COVID-19 Menghapus Stigma Buruk Sampai Perundungan
Hiburan & Gaya Hidup
Perjuangan Penyintas COVID-19 Menghapus Stigma Buruk Sampai Perundungan

Belakangan, setelah stiker tersebut menempel di pagar, beberapa tetangganya bertingkah cukup janggal

Pakai Water Block, Modifikasi PlayStation 5 ini Tampil Kece
Fun
Pakai Water Block, Modifikasi PlayStation 5 ini Tampil Kece

Dibuat agar tetap menjaga estetika sehingga para pencinta PlayStation tetap menyukainya.

Penyebab Beser dan Mengompol pada Kelompok Lansia dan Laki-Laki
Fun
Penyebab Beser dan Mengompol pada Kelompok Lansia dan Laki-Laki

sekitar 1 dari 10 orang memiliki gangguan tersebut.

Vaksinasi Drive-Thru, Mudah dan Praktis
Fun
Vaksinasi Drive-Thru, Mudah dan Praktis

Kini hadir vaksinasi drive-thru.