Bukan Cuma Jokowi, Presiden Xi Jinping juga Telepon Mahathir Mohamad Presiden Tiongkok, Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Presiden China baru terpilih Wang Qishan dalam sesi paripurna National People's Congress (NPC). (ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee)

Merahputih.com - Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jinping menelepon Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Kamis (13/2) malam, untuk membicarakan wabah virus corona atau COVID-19 yang melanda negerinya.

Kedua pemimpin mengadakan pembicaraan telepon selama lebih dari setengah jam tentang epidemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Baca Juga:

Tiongkok Buka Rumah Sakit Darurat Kedua Khusus Pasien Virus Corona

"Kedua pemimpin berbicara tentang saling pengertian dan kerja sama yang erat untuk mengatasi epidemi, serta untuk meminimalkan dampaknya," tulis Siaran pers Kementerian Luar Negeri Malaysia seperti dikutip Antara, Jumat (14/2).

Pada kesempatan tersebut Mahathir menyampaikan solidaritas dan dukungan kuat Malaysia untuk Tiongkok dan menyatakan keyakinannya dalam setiap upaya yang dilakukan Presiden Xi dan pemerintahnya dalam masalah tersebut.

Seorang petugas medis menangani pasien yang terduga terkena virus corona di Zhongnan Hospital of Wuhan University, Wuhan, China, Jumat (24/1/2020). ANTARA/HO-Xinhua/Xiongqi/mii/aa.
Seorang petugas medis menangani pasien yang terduga terkena virus corona di Zhongnan Hospital of Wuhan University, Wuhan, China, Jumat (24/1/2020). ANTARA/HO-Xinhua/Xiongqi/mii/aa.

Presiden Xi menghargai persahabatan dan bantuan Malaysia, dan meyakinkan bahwa Tiongkok memiliki kekuatan untuk memerangi wabah COVID-19, dan akan peduli terhadap orang Malaysia dan orang lain yang saat ini berada di Tiongkok seperti warga negara mereka sendiri.

Kedua pemimpin Asia tersebut sepakat tentang perlunya upaya bersama dalam mengatasi wabah corona.

Perdana Menteri Mahathir merujuk pada langkah bersama yang akan dilakukan oleh ASEAN dan Tiongkok untuk mengendalikan situasi.

Baca Juga:

Laporan Kematian akibat Virus Corona di Tiongkok Tembus Angka Seribu

Kedua pemimpin juga sepakat untuk tetap berhubungan dekat satu sama lain dalam menghadapi epidemi ini.

Sebelumnya, Xi Jinping juga mengklaim telah menelepon Presiden Joko Widodo, Selasa (11/2) malam. Ia menelpon Jokowi untuk menyatakan keyakinan Tiongkok menang melawan wabah virus corona jenis baru yang mewabah di negaranya. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH